Gubernur – PLN Resmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Pertama di Sultra

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Dalam upaya nyata PLN untuk mendukung era Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang diprogramkan pemerintah. PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat (SULSELRABAR) bersama Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) didampingi Walikota Kendari, Bupati Konawe Utara, dan General Manajer (GM) PLN SULSELRABAR meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama di Sultra.

Gubernur Sultra, H. Ali Mazi menuturkan kinerja dan insiasi PLN patut diapresiasi dengan diresmikannya station pengisian daya listrik pertama di Sultra yang berada di PLN Wua-Wua UP3 Kendari. Kedepan pihaknya juga berencana untuk memperluas pengadaan SPKLU ini hingga ke Wilayah Kabupaten/Kota yang di lain.

“Kita apresiasi kinerja PLN, yang alhamdulillah hari ini kita resmikan stasiun pengisian untuk kendaraan listrik pertama di Sultra. Kita targetkan kedepan seluruh Kabupaten dan Kota di Sultra bisa memiliki SPKLU ini,” ujar Ketua DPW Nasdem Sultra tersebut, Senin (17/1/2022).

Sementara itu, General Manajer (GM) PLN UIW SULSELRABAR Awaluddin Hafid mengatakan, pengisian listrik pada fasilitas ini nantinya akan menggunakan aplikasi PLN mobile. Tak hanya itu, dengan adanya SPKLU ini PLN juga tengah mempersiapkan ketersediaan listrik secara berkesinambungan dalam berbagai sektor kelistrikan.

“Ini menjadi SPKLU yang pertama di Sultra, dan peresmian hari ini juga satu kesatuan dengan peresmian sekaligus penggunaan SPKLU secara serentak di wilayah kerja regional Sulawesi, Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara,” terangnya. Lebih lanjut Awaludin mengatakan, PLN juga membuka peluang bagi para pelaku usaha untuk berkolaborasi bersama, dalam rangka penyediaan SPKLU berbasis sharing ekonomi modal.

“Saat ini bangsa indonesia terus bergerak maju untuk mendorong berkembangnya ekosistem kendaraan listrik berbasis baterai. Dimana hal ini di perkuat dengan peraturan pemerintah No. 55 tahun 2019, serta peraturan Menteri SDM No. 13 tentang penyediaan infrastruktur pengisian untuk kendaraan listrik berbasis baterai,” bebernya.

Untuk diketahui SPKLU Kendari memiliki kapasitas daya 2×25 kilowatt, yang juga menjadi SPKLU dengan daya terbesar se-wilayah PLN SULSELRABAR. 

Reporter : Erviana Hasan

Tinggalkan Balasan