Dinas Koperasi dan UMKM Sultra Ramaikan Pameran HPN di Kota Kendari

HALUANSULTRA.ID – Sebanyak 75 stand dengan jumlah peserta 66 terdiri dari OPD lingkup Pemprov Sultra, pemerintah kabupaten/kota, instansi vertikal, BUMN, BUMD, perbankan, pelaku usaha industri besar, IKM dan UMKM se-Sulawesi Tenggara, meramaikan pameran UMKM sebagai rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) di Kota Kendari.

Salah satu stan yang ikut ambil bagian adalah Dinas Koperasi dan UMKM Sultra. Instansi yang dipimpin La Ode Saifudin ini memajang produk unggulan hasil karya pelaku usaha seperti hasil kerajinan tangan, makanan olahan pakaian, kain tenun dan lainnya.

Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Sultra, Isnain Kimi mengatakan, ajang ini merupakan momen untuk mempromosikan segala potensi yang ada di Sultra. “Banyak hal kita pamerkan. Semua hasil karya para pelaku UMKM kita. Dan alhamdulillah banyak pengunjung yang datang di stand kita,” ucapnya, Senin 7 Februari 2022, malam.

Pameran UMKM meriahkan HPN di Kota Kendari

Kata Isnain, kegiatan seperti ini sangat penting. Makanya instansinya kerap menggelar Expo demi sebagai upaya untuk menggairahkan semangat pelaku UMKM untuk tidak berkecil hati dengan adanya wabah Covid-19. Harapannya, pengusaha lebih mengenal pasar secara bebas. “Insya Allah dalam kendali pak Kadis kami bapak La Ode Saifudin banyak program yang akan dijalankan. Tentu semua bertujuan meningkatkan perekonomian,” terangnya.

Pameran HPN dibuka secara resmi oleh Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H.Ali Mazi di Pelataran Tugu Religi Eks MTQ Kota Kendari, Minggu (6/2/2022) malam.
Gubernur mengatakan pameran UMKM HPN merupakan pameran potensi pembangunan, ekonomi kreatif, UMKM, pers hingga panggung hiburan. Seluruh rangkaian kegiatan tersebut dapat disaksikan masyarakat luas hingga puncak HPN tanggal 9 Februari 2022.

Ali Mazi mengungkapkan secara khusus pameran UMKM ini bisa dimanfaatkan masyarakat Sultra dalam rangka menggeliatkan ekonomi kemasyarakatan.
Event seperti ini harus bisa dimanfaatkan secara maksimal, karena sejalan dengan visi-misi Sulawesi Tenggara dalam memajukan daya saing untuk meningkatkan UMKM dan investasi dalam rangka meningkatkan perekonomian Sultra. “Pameran ini untuk mengintegrasikan produk, sekaligus promosi komoditi potensial dan peluang usaha di Sultra kepada para investor ataupun para pengusaha peserta HPN,” beber, Ali Mazi.

Pantauan media ini di lokasi HPN, semua stand ramai pengunjung. Para pedagang juga membanjiri lokasi tersebut. Pengunjung banyak yang mencari baju bertulis HPN, kain daerah Sultra dan makanan khas Sulawesi Tenggara. (ADV)

Reporter : Erviana Hasan

Tinggalkan Balasan