Ketua PWI Pusat Minta SIWO Dukung Prestasi dan Desain Pembangunan Olahraga Nasional

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI se-Indonesia melaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 7-9 Februari 2022 di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).
Pengurus SIWO diajak berkomitmen mengawal olahraga Indonesia menuju prestasi di tahun 2022, termasuk persiapan Porwanas di Malang Raya yang pada September yang akan datang.

Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari yang hadir secara langsung di Kendari, meminta wartawan olahraga untuk terus membangun potensi olahraga di Indonesia. Atal meminta SIWO mendukung desain pembangunan olahraga nasional yang digagas pemerintah.

“Atlet itu diciptakan, bukan ditemukan begitu saja. SIWO harus terus mendukung pembangunan olahraga Indonesia, membuat berita-berita inspiratif, mendalam dan membantu melahirkan atlet-atlet berprestasi Indonesia,” ungkapnya saat membawakan sambutan, Senin (07/02/22) pada salahsatu hotel di Kendari.

Sementara itu, Ketua Umum SIWO Pusat, Gungde Ariwangsa menyebut Rakernas kali ini bukan hanya rutinitas semata bagi SIWO namun menjadi penegas bahwa organisasi menjadi satu pilar olahraga nasional untuk mengawal prestasi Indonesia.

Menurut dia, SIWO terus dituntut menyebarkan semangat olahraga demi prestasi dunia meskipun di tengan pandemi. SIWO ingin mengawal secara khusus prestasi Indonesia di ajang Sea Games dan Asian Games 2022. Secara khusus juga SIWO akan melaksanakan Porwanas di Malang Raya pada tahun ini. “Setelah tertunda beberapa tahun akibat pandemi. Agenda-agenda ini kami bahas secara detail dalam Rakernas di Kendari dan harapannya bisa menghasilkan buah pemikiran maksimal untuk olahraga Indonesia,” ucap dia.

Masih kata Gungde, Rakernas kali ini juga akan melaksanakan penyerahan penghargaan inisiator olahraga dan penajaman program Design Besar Olahraga Nasional (DBON) oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Selain itu, dilakukan pula pemaparan kesiapan Jawa Timur selaku tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Powarnas) 2022.

Sementara, Ketua Umum Komite Olimpiade (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari yang hadir secara daring dari Manado menyampaikan apresiasi pada SIWO yang menjadi bagian terpenting bagi NOC dalam membangun dan meningkatkan prestasi olahraga. Masyarakat saat ini menurut dia, bisa mendapatkan informasi dari berbagai sumber media massa diharapkan bisa memberikan pencerahan dengan sumber-sumber valid dan bisa dipercaya.

Dia percaya, SIWO mampu menghadirkan informasi-informasi yang terpercaya dan valid dari sumber-sumber yang terpercaya. Masih segar bahwa WADA, memberikan sanksi pada Indonesia bahwa Merah Putih tidak bisa berkibar. “Namun, atas peran bersama termasuk SIWO, per 2 Februari, akhirnya Merah Putih bisa berkibar kembali di ajang internasional, semoga prestasi kita bisa lebih baik lagi ke depan. Apalagi tahun 2022 ini sangat banyak kejuaraan internasional yang akan dilaksanakan,” urainya.

Dalam rangkaian kegiatan, Deputi IV Kemenpora Chandra Bhakti menyampaikan mengenai sinergitas Kemenpora dan SIWO PWI, serta pemaparan terkait implementasi kerjasama PWI dan Kemenpora bersama Penasehat PWI Pusat yang juga Staf Ahli Menpora Mahfudin Nigara. Penyerahan penghargaan inisiator olahraga Siwo PWI 2022 diberikan pada 21 kepala daerah, mulai dari Gubernur, Bupati/Walikota, pengurus KONI Daerah, dan anggota legislatif yang memiliki andil membangun, membina dan memajukan prestasi olahraga di daerah.

Penghargaan diserahkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali didampingi oleh Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal S Depari. Selain penyerahan penghargaan, di hari kedua Rakernas ini, Menpora juga akan memberikan pengarahan untuk penajaman Design Besar Olahraga Nasional (DBON) yang diyakini sebagai salah satu solusi kebangkitan olahraga Indonesia.

Reporter: Rahmat R.

Tinggalkan Balasan