Ali Mazi Janji Tuntaskan Jalan Provinsi yang Rusak Disisa Masa Jabatan

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Ali Mazi menegaskan beberapa ruas jalan provinsi yang masuk dalam target perbaikan di semua pelosok akan rampung 80 persen pada akhir masa jabatan. Hal itu diungkapkan Gubernur saat Rapat Koordinasi Teknis ke PU-an dan Sosialisasi Sistem Informasi Pengelolaan Data Base Jalan Daerah se-Sultra Tahun 2022,

Kata dia, pertemuan kali ini memiliki manfaat besar terutama dalam membahas target-target penyelesaian pembangunan jalan secara menyeluruh di Bumi Anoa. Melalui rapat ini bisa diketahui bagaimana kondisi ruas jalan desa, kabupaten/kota, provinsi dan jalan nasional. ” Kehadiran para Kepala Daerah atau Kadis dalam acara ini sangat oenting,” ujarnya, Senin (21/03/22).

Menurutnya, Gubernur tidak hanya fokus membangun pada satu kabupaten saja tetapi semua yang ada di Sultra. “Dengan rapat ini kita bisa tahu berapa ruas jalan yang sudah teraspal, jembatan yang rusak dan yang sudah diperbaiki berapa. Kita akan kerjakan semua selama kurang lebih dua tahun terakhir ini,” beber Ketua DPW Partai Nasdem Sultra ini.

“Jika pengerjaan jalan tidak merata di kabupaten maka harus dipahami, kalau ada yang kebagian hanya berapa kilo ditiap kabupaten maka itu semua karena tergantung kondisi keuangan daerah. Sampai masa akhir jabatan nanti, kami target 76-80 persen jalan provinsi beres,” sambung Ali Mazi.

Menurut Gubernur, jika ada yang keliling di kepulauan dan daratan maka di kepulauan sudah hampir tuntas pembangunan jalan, namun ada eberapa ruas yang masih bermasalah seperti Konawe Utara dan Buton Utara. “Ini karena adanya hujan, dan mungkin kontraktor kurang siap, tapi tahun ini Insya Allah kita selesaikan. Untuk jalan provinsi kita akan menggunakan beton, model jalan internasional sehingga tiap bulan tidak rehab jalan lagi,” terang orang nomor satu di Bumi Anoa ini.

Ia mencontohkan, jalan Toronipa usianya bisa 60 sampai 100 tahun. Kalau menggunakan aspal, tiga bulan atau enam bulan jalan harus diperbaiki lagi karena hujan. “Kita hari ini hadirkan Balai Jalan, maka anggarannya tahun ini kita bicarakan dengan Pemerintah Pusat,” tutup Ali Mazi.

Reporter : Rahmat R.

Leave a Reply