SK Pemberhentian Sudah Diteken, Ahmad Monianse Segera Jabat Wali Kota Baubau Definitif

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – La Ode Ahmad Monianse, Plt Wali Kota Baubau, selangkah lagi menjadi Wali Kota defenitif. Hari ini Rabu, 30 Maret 2022 SK pemberhentian Wali Kota Baubau AS Thamrin yang berhalangan tetap karena meninggal sudah ditandatangani oleh Mendagri Tito Karnavian.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Biro (Karo) Administrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) Muliadi. Kata dia, proses pergantian sementara berproses namum menunggu petikan surat pemberhentian tersebut.

“Beberapa waktu lalu kami minta saran dari Kemendagri, menurut mereka, kami menunggu SK Pemberhentian Wali Kota yang lama. Semalam SK pemberhentian sudah terbit sekarang dibuatkan petikan,” katanya, di Kendari.

Muliadi.

Menurut Muliadi, jika SK diterima Pemprov ini akan menjadi dasar untuk penetapan Wawali Baubau, menjadi Wali Kota Baubau. “Kalau sudah masuk ke kami, maka akan kami sampaikan ke DPRD Baubau untuk dasar melakukan paripurna pemberhentian kemudian melakukan paripurna pengangkatan Wali Kota yang baru,” sambung Muliadi.

Ia menambahkan, apalabila sudah ada hasil paripurna pengangkatan Ahmad Monianse menjadi Wali Kota Baubau hasilnya akan dikirim ke Pemprov Sultra. Setelah itu akan diteruskan melalui surat permintaan Gubernur kepada Mendagri agar segera dilakukan pelantikan Wali Kota Baubau yang baru. “Menunggu hasil paripurna, kemudian mengusulkan penetapan Wali Kota Baubau untuk pengusulan ke Kemdagri melalui Pemprov Sultra,” tukas Muliadi.

Reporter : Rahmat R.

Tinggalkan Balasan