Pemkot Kendari Optimalkan Pelayanan Air Bersih, Tarif Berpotensi Diturunkan 20 Persen

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, terus mengoptimalkan pelayanan air bersih untuk masyarakat. Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir mengakui, penanganan air bersih di Kota Lulo bukan perkara yang mudah. Sebab, pembangunan dan penanganannya berbeda dengan program-program lainnya yang dapat langsung disaksikan progres pembangunannya.

“Untuk banjir, sudah bisa kita minimalisir. Memang ada 1 lagi yaitu persoalan air bersih yang masih menjadi tugas kita. Tetapi, sebenarnya kita tidak tinggal diam. Sejauh ini kita sudah lakukan langkah yang progresif,” kata Walikota, Selasa (17/5/2022).

Lanjut Sulkarnain, menuntaskan persoalan air harus dilakukan secara komprehensif. Lalu terkait tarif air untuk masyarakat berpotensi diturunkan sebanyak 20 persen. Jika, program penyediaan air berisih tersebut dapat berjalan dengan baik.

“Pengerjaannya tidam bisa sepotong-sepotong. Makanya, dibutuhkan sumberdaya yang lebih besar termaksud biaya. Kita sudah membangun komunikasi bahkan sudah hampir MoU dengan PT. Adi Karya dan mereka bahkan menyiapkan Rp. 384 miliar untuk membangun ini semua sampai nanti ke jaringan masyarakat,” paparnya.

Nantinya, pengelolaan kerjasama integnya akan ditangani oleh PT. Adi Karya. Sedangkan untuk saluran, pembangunannya dan pendistribusian kepada masyarakat masih akan di kelola oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari.

“Kita tinggal menunggu persetujuan dari pemerintah Konawe. Karena, sumber air baku kita ada di sana. Kalau itu selesai insyallah berdasarkan hitungan kita itu satu tahun setengah sejak ground breaking sudah bisa dinikmati krannya oleh masyatakat,” pungkasnya.

Reporter : Erviana

Tinggalkan Balasan