Penyaluran Dana KUR di Sultra Meningkat, OJK : Ini Sinyal Pemulihan Ekonomi

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Sulawesi Tenggara (Sultra) terus mengalami peningkatan seiring dengan melandainya angka kasus pandemi Covid-19.

Kepala Bagian Pengawasan Perbankan Kantor Wilayah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sultra, Maulana Yusuf menyebutkan, tren dana KUR dari 17 Kabupaten/Kota di Sultra mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Berdasarkan data yang terhimpun diketahui sejak Februari 2022 senilai Rp. 357 miliar dan pada Maret tercatat sebesar Rp. 406 miliar.

“Peningkatannya berdasarkan evaluasi dari kita memang belum terlalu optimal yah khususnya di Bank Pembangunan Daerah (BPD). Namun terus kita dorong untuk meningkatkan penyaluran dana KURnya dengan tetap prinsip kehati-hatian,” kata Yusuf, Rabu (22/6/2022).

Dengan kondisi pandemi yang sudah semakin melandai serta mobilitas masyarakat yang juga sudah pelan-pelan pulih dan ramai. Ia menilai, Secara tidak langsung juga meningkatkan aktivitas ekonomi khususnya akses masyarakat terhadap permodalan dengan biaya yang lebih murah dalam hal ini Kredit dana KUR.

“Memang untuk KUR ini kan ada kebijakan tanpa jaminan, berarti dari sisi kehati-hatiannya memang harus ditingkatkan dan diperhatikan. Biar kredit yang disalurkan khususnya KUR tetap terjaga dengan kondisi yang lancar,” tukasnya.

Selain itu, Maulana juga membeberkan meningkatnya penyaluran KUR ini juga turut mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Sebagai informasi, penyaluran KUR terbanyak hingga Maret 2022 berada di Kabupaten Muna.

Reporter : Erviana Hasan

Tinggalkan Balasan