Dispora Sultra Gelar Seleksi Paskibraka, 2 Siswa Terbaik Dikirim ke Tingkat Nasional

HALUANSULTRA.ID, – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar seleksi calon pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) yang akan mewakili Sultra di tingkat nasional.

Seleksi calon Paskibraka berlangsung selama empat hari dan besok, Jumat 20 Mei 2022 akan ditetapkan siapa wakil yang berhak menjadi utusan Sultra. “Jadi nanti ada 2 orang terbaik. Dua cadangan,” ujar Kadispora Sultra, Trio Prasetio Prahasto, Kamis (19/5/2022) di lokasi seleksi.

Kadispora Sultra, Trio Prasetio Prahasto

Menurut Trio, dalam seleksi kali ini diikuti oleh 40 siswa yang tersebar dari 17 Kabupaten dan Kota. Dispora kata dia, bekerjasama dengan TNI/Polri dan PPI demi mendapatkan siswa terbaik. Selama empat hari mereka diseleksi parade, tes kesehatan, kesamaptaan, psikotes, wawancara, kesenian daerah dan PBB.

Nah, besok, kata Kadis, merupakan seleksi terakhir atau pantohir untuk menetapkan dua pasang sebagai utusan ke pusat dan dua cadangan. “Usai pantohir langsung keluar namanya,” sambungnya. Trio menambahkan, seleksi dalam kegiatan ini berlangsung ketat dan diambil sesuai poin terbaik. Artinya tidak ada titipan.

Suasana seleksi Calon Paskibraka di D’Blitz Hotel Kendari.

“Fisiknya harus bagus. Jangan sampai baru berjemur sudah pingsan. Memang orang yang kami ambil benar-benar yang terbaik,” katanya. “Saya minta kepada para peserta yang ikut seleksi, apabila nantinya belum terpilih ketingkat nasional sebagai Paskibraka, jangan kecewa dan patah semangat ya,” tambah Kadis.

Sementara itu, Kabid Kepemudaan Dispora Sultra, Muh Aris, SPd, M,PW menuturkan, untuk menetapkan dua terbaik terlebih dulu akan diambil 10 terbaik putra dan 10 terbaik putri. Menurutnya, cukup sulit untuk menentukan calon Paskibraka, tingkat nasional, karena semua siswa/siswi yang diseleksi mempunyai peluang sama.

Siapapun yang terpilih nanti, lanjut Aris, mereka adalah perwakilan daerah yang diharapkan membawa harum Sultra ke tingkat nasional. “Saya berharap para peserta yang ikut seleksi ini menunjukan kemampuan terbaik, bersainglah secara sehat dan sportif,” tutupnya. (Imn)

Tinggalkan Balasan