Dishub Support Penuh Pembangunan 3 Bandara di Sultra, Muh Rajulan : Ini Salah Satu Program Prioritas Pemprov

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov Sultra) melalui Dinas Perhubungan (Dishub), terus berkomitmen mendukung pembangunan dan pengembangan infrastruktur, khususnya jalur transportasi di Sultra.

Kepala Dinas (Kadis) Dishub Sultra Muhammad Rajulan mengatakan, ada beberapa program yang dijalankan. Misalnya, saat ini terkait pembangunan Bandar Udara (Bandara) di 3 wilayah yakni Buton Utara (Butur), Kolaka Utara (Kolut), dan Wakatobi. Ini menjadi salah satu program prioritas Pemprov Sultra. Hal ini tentu demi mendukung kemajuan dan pemulihan ekonomi di Bumi Anoa, peningkatan konektivitas serta kemajuan giat kawasan pariwisata.

“Buton Utara itukan memang sementara mengusulkan pembuatan bandara. Jadi dalam proses pembangunan bandara ini kalau kita harapkan murni dari bantuan pusat itu akan sulit. Contoh seperti yang sudah dilakukan teman-teman di Wakatobi dan Kolaka Utara,” katanya, Selasa (2/8/2022).

Dikatakannya, Pemprov akan terus mendukung upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam pemenuhan kebutuhan proses pembangunan jalur transportasi udara tersebut. “Kalau di Wakatobi mereka merencanakan kemudian membangun bandara dengan dana APBD dulu. Begitu juga di Kolaka Utara pembebasan lahannya sudah selesai, dan mereka tinggal meminta dukungan pemerintah pusat dan itu berhasil direspon,” terangnya.

Ia menilai, pengembangan Bandara ini dapat mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi daerah. Selain itu, lanjut Rajulan, dengan hadirnya sarana prasarana moda trasportasi udara┬áini juga menjadi bagian dari pemerataan pembangunan di Sultra. “Kalau untuk Kolaka Utara meskipun belum turun dananya tapi, itu sudah menjadi salah satu program prioritas dari Gubernur Sulawesi Tenggara, dan mereka juga sudah direspon oleh kementerian terkait,” tuturnya.

Reporter : Erviana Hasan

Leave a Reply