Bakamla RI akan Bangun Stasiun SPD di Konsel, Bupati : Pemda Siapkan Lahan

HALUANSULTRA.ID, KONAWE SELATAN –
Bakamla RI (Indonesia Coast Guard) sebagai choke point keamanan dan keselamatan laut, akan membangun Stasiun Sistem Peringatan Dini (SPD) di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel). Hal itu ditandai dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dan Berita Acara
Serah Terima (BAST), antara Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel dengan Bakamla RI di Auditorium lantai tiga Kantor Bupati Konsel, Kamis, 22 September 2022.

Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga, menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas kepercayaan Bakamla RI kepada Pemda Konsel dalam mendukung keamanan perairan nusantara. Bupati dua periode ini menyatakan kesiapan Pemda mendukung Bakamla RI melalui penyiapan lahan yang nantinya akan dijadikan lokasi pembangunan Stasiun Sistem Peringatan Dini (SPD) di Kabupaten Konsel. Fasilitas yang akan dibangun oleh Bakamla akan sangat bermanfaat dalam deteksi dini bencana.

Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, saat memberi sambutan.

“Dan ini akan menjadi upaya pemberdayaan masyarakat pesisir dalam rangka mendukung peningkatan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Konsel, yang akan di tempatkan di Desa Tanjung Tiram Kecamatan Moramo Utara,” ucap Surunuddin.

Sistem Peringatan Dini (SPD) Bakamla RI akan memaksimalkan keamanan dan pemantauan keselamatan laut. Adanya SPD ini, data satelit terintegrasi akan didapatkan lebih cepat dan akurat. Selain itu, penyebaran informasi ke masyarakat maritim juga akan semakin cepat dan terintegrasi.

Kepala Markas Zona Bakamla Tengah, Laksamana Pertama Bakamla Hanarko Djodi Pamungkas, mengapresiasi kepada Pemda Konsel dalam mendukung program tersebut. Menurut Djodi, penandatanganan nota kesepakatan ini dalam rangka peningkatan keamanan dan keselamatan di laut, yang juga merupakan salah satu upaya kehadiran Bakamla RI dalam menjaga perairan Nusantara. “Semoga kehadiran Bakamla di Konawe Selatan bisa memberikan kenyamanan di perairan, serta berharap dapat mendukung program peningkatan infrastruktur ” harapnya.

Untuk diketahui, turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Konsel AKBP Wisnu Wibowo, anggota DPRD Konsel Erman, Kadis Perhubungan Konsel Budy Yuliarto, Wakil PN Andoolo, serta para kepala OPD.

Penulis: Ken

Tinggalkan Balasan