Hormati Pejuang, Pemkot Kendari Santuni Veteran

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Untuk mengenang dan menghormati jasa pahlawan, Pemerintah Kota Kendari menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan di lapangan upacara kantor Balai Kota Kendari, diikuti para ASN, TNI, Polri dan sejumlah veteran, Kamis (10/11/2022). Pada upacara itu pemerintah Kota Kendari yang diwakili Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, menyerahkan piagam penghargaan, uang santunan serta bantuan kebutuhan pokok pada sejumlah veteran. Pemberian bantuan pada veteran ini sekaligus sebagai upaya tanggap membantu sejumlah veteran hidupnya masih di bawah kesejahteraan.

Kata Asmawa, semua veterran memiliki jasa yang begitu besar untuk membela Tanah Air, sehingga paras pejuang perlu mendapatkan apresiasi. “Ini adalah sedikit bentuk kepedulian pada para veteran yang berjuang. Meski tentu bantuan ini tidak ada nilainya dibanding pengorbanan para pejuang,” ucap Asmawa, usai upacara. Pj Wali Kota mengatakan, tanpa jasa para veteran, kemerdekaan Indonesia tak akan bisa diraih.

Dalam upacara tersebut, Pj Wali Kota Kendari membacakan sambutan Menteri Sosial Tri Rismaharini menjelaskan, pada momen peringatan hari Pahlawan saat ini ada perjuangan menghadapi tantangan nyata yakni pemanasan global yang memicu sejumlah bencana alam dan kelangkaan pangan “Oleh karena itu kita harus mengembangkan energi baru dan terbarukan melakukan pengembangan pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan dan memperkuat keragaman pangan,” ungkapnya.

Kemudian mengelola sumber daya air secara bijak agar bisa bertahan untuk generasi saat ini dan yang akan datang. Selain itu tantangan bagi generasi saat ini bagaimana mengelola kekayaan alam untuk kemajuan bangsa. Upacara hari pahlawan tingkat Kota Kendari ditutup dengan penyerahan bantuan cainsaw pada Satgas Kebersihan dan Penataan Kota yakni, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Kebakaran dan Dinas Perhubungan. Bantuan mesin cainsaw ini dilakukan untuk melanjutkan kerja Satgas mendukung program Kendari Bergerak. (HS)

Tinggalkan Balasan