Tak Gentar Hadapi Lawan Tangguh, Tim Futsal Kota Kendari Siap ‘Tempur’ di Porprov XIV

HALUANSULTRA.ID – Tim Futsal Kota Kendari terus mematangkan persiapan jelang perhelatan Pekan Olahraga Provinsi ke XIV, yang akan bergulir 26 November sampai 3 Desember 2022 di Kabupaten Buton-Kota Baubau. Tim besutan, Bripka Muhamad Guntur ini, sudah punya pemain paten dan telah menjalani pemusatan latihan. “Untuk skuad ini sudah siap tempur. Semua materi latihan sudah tuntas. Hasil uji coba juga positif, tinggal mempertahankan performa,” kata Guntur, kepada Haluansultra.id, Jumat, 18 November 2022.

Terdapat 16 pemain yang akan dibawa ke Kota Baubau, lokasi berjalannya pertandingan. Mereka merupakan atlet yang tersebar dari berbagai klub di Kota Kendari. Guntur pun yakin, anak asuhnya akan memberikan kemampuan terbaik saat laga puncak bergulir. Apalagi, Kota Kendari telah menargetkan medali emas meskipun hal tersebut tidak akan mudah.

M. Guntur, pelatih Futsal Kota Kendari.

Menurut dia, persaingan kontingen Porprov kali ini akan berlangsung ketat. Sebab ada beberapa daerah seperti tuan rumah Baubau – Buton, Muna, Konawe, Kolaka dan terkhusus Buton Selatan sebagai jawara bertahan patut diwaspadai. Mereka, adalah tim unggulan. “Ketika Anda tahu kalau lawan bermain baik, tentu harus ada strategi agar lebih mudah untuk menguasai jalannya pertandingan. Kami harus bisa mengubah taktik sewaktu waktu,” jelasnya.

Timnas Futsal Kota Kendari selalu berpartisipasi di turnamen futsal Porprov. Keikutsertaan terakhir di Kolaka 2018 lalu. Saat itu, tim ibu kota Sultra hanya mampu finish di 4 besar. Nah salah satu yang menjadi perhatian serius dari Guntur adalah terkait fisik. Sebab jika lemah sedikit saja, bisa kecolongan. Selain menggenjot latihan fisik, dia juga berupaya meningkatkan kepercayaan diri atllet saat berada di lapangan. “Biasanya secara fisik baik-baik saja, tetapi terkadang sepak bola ada urusan pikiran. Itu kadang yang membuat sulit dan bisa mempengaruhi tim,” ucap pelatih yang bertugas di Resmob Polda Sultra ini.

Di Porprov nanti, untuk pertandingan futsal akan menggunakan dua lapangan standar dengan ukuran 26×16 dan 25×16 meter. Tim Kota Kendari telah mengagendakan akan bertolak 23 November ke Kota Baubau. “Kalau technical meeting itu rencana bergulir 25 November. Disitu kita akan tahu berada di pool mana dan melawan daerah mana saja,” katanya.

Sementara itu, Manager Tim Futsal Kota Kendari, Agus Melon, mengatakan, para pemain yang berangkat ke Porprov XIV berasal dari seleksi kompetisi internal sebelum mengerucut menjadi tim utama. Dia pun meminta seluruh pemain terpilih memberikan yang terbaik, sehingga bisa mengharumkan nama daerah. Dia pun meminta doa dari masyarakat akan seluruh pemain dalam kondisi fit. “Buktikan bahwa kalian mampu mengharumkan nama daerah. Kota Kendari tidak salah memilih kalian,” tegas, Agus Melon. (HS)

Tinggalkan Balasan