Pemkot Kendari Gerak Cepat Tangani Dampak Banjir dan Angin Kencang

HALUANSULTRA.ID,KENDARI- Cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini menyebabkan hujan deras disertai angin kencang, menyebabkan sejumlah wilayah di Kota Kendari mengalami banjir. Seperti yang terjadi pada Jumat (16/12/2022). Sejumlah wilayah di Kecamatan Kendari dan Kendari Barat dilanda banjir. Pj Walikota, mengetahui kejadian itu langsung ke lokasi, sekaligus memimpin aksi membersihkan sampah yang terseret arus air yang meluap hingga ke jalan. “Tidak ada kerugian yang ditimbulkan, hanya tumpukan sampah di jalan kami menginstruksikan pihak DLHK untuk segera diangkut. Dan alhamdulilah sudah ditangani,” ungkap Pj wali kota.

Asmawa Tosepu, juga menghimbau seluruh masyarakat agar mewaspadai potensi terjadinya tanah longsor dan banjir saat musim hujan. “Bagi masyarakat yang berada di lereng atau di tebing daerah yang rawan agar mewaspadai potensi terjadinya tanah longsor, koordinasi dengan lurah atau camat dalam melakukan upaya mitigasi sejak dini,” katanya. Aksi pembersihan juga dilakukan disejumlah titik bekas banjir, salah satunya di jalan Baronang Kelurahan Sanua, Kecamatan Kendari Barat. Lurah Sanua beserta jajarannya, dibantu Ketua RT, Bhabinkamtibmas serta warga setempat bahu membahu, membersihkan sisa sampah yg menutupi jalan Boronang dan sekitarnya sejak malam hingga siang ini.

“Kami bersama warga dibantu anggota Bhabinkamtibmas serta DLHK, sejak semalam membersihkan sampah sisa banjir yang menutupi sepanjang jalan. Sejak semalam Pak Pj Walikota juga turun kelapangan melihat kondisi yang ditimbulkan akibat banjir,” terang Lurah Sanua Anas. Pemkot Kendari Bergerak Cepat Tangani Dampak Banjir dan Angin Kencang. Selain itu, DLHK Kota juga mengerahkan personel untuk memangkas sejumlah pohon tumbang di beberapa titik, termasuk pohon tumbang yang menimpa rumah warga seperti di Kelurahan Kandai dan Kampung Salo. (HS)

Tinggalkan Balasan