Polda Banten Imbau Warga Waspada Erupsi Gunung Anak Krakatau

HALUANSULTRA.ID – Berdasarkan Informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), bahwa Gunung Anak Krakatau (GAK), kembali erupsi pada Kamis, 5 Januari 2023 sekitar pukul 00.13 Wib.

“Kami telah menerima surat dari Badan Geologi Kementerian ESDM, bahwa terjadi erupsi Anak Krakatau dengan tinggi kolom letusan teramati 750 meter, di atas puncak atau sekitar 907 meter di atas permukaan laut, kolom abu yang teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang, hingga tebal ke arah timur laut,” ungkap Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol. Shinto Bina Gunawan Silitonga, S.I.K., M.Si., di Kantor, Kabupaten Serang, Banten, Kamis (05/01/23).

Kombes Pol. Shinto Silitonga mengatakan, telah terjadi dua kali letusan Gunung Anak Krakatau, pada Rabu, 4 Januari 2023 sekitar pukul 15.00 Wib, dengan ketinggian semburan abu vulkanik mencapai 3.000 meter dari atas puncak.

Alat seismogram, merekam erupsi dengan amplitudo maksimum 65 mm dan berdurasi 1 menit 37 detik, letusan gunung berapi di Selat Sunda itu, terjadi pada pukul 14.10 Wib, pada hari yang sama dengan ketinggian abu 100 meter. Kombes Shinto mengimbau, masyarakat tidak mendekati Gunung Anak Krakatau, atau beraktivitas dalam radius lima kilometer dari kawah aktif. (HS/RZ)

Tinggalkan Balasan