Pemkot Kendari Rancang Penataan Kawasan Tugu Persatuan

HALUANSULTRA.ID,KENDARI – Pemkot Kendari telah mendapatkan hak pengelolaan kawasan Tugu Persatuan, yang sedang dalam tahap menyusun rancangan penataan. Rancangan penataan kawasan Tugu Persatuan disampaikan, dalam rapat yang dipimpin Pj Wali Kota Kendari, di ruang pola kantor Balai Kota, Kendari, Kamis (12/01/2023).

Dalam rancangan awal itu, pemkot akan memasukkan kembali seluruh pedang ke dalam kawasan Tugu Persatuan, agar kawasan parkiran bisa dikembalikan pada fungsinya dan tidak menimbulkan kekumuhan.

Sejumlah masukan juga diberikan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), agar penataan pedagang maksimal, namun tidak menghilangkan fungsi ruang publik di kawasan itu. Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu menjelaskan, kawasan Tugu Persatuan akan dipertahankan fungsinya, sebagai ruang terbuka yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Akan diberikan kesempatan pada forum CSR, dalam hal ini perbankan untuk berkontribusi terkait fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan masyarakat, terkhusus kalangan UMKM di kawasan Tugu Persatuan,” kata Asmawa.

Pj Wali Kota Kendari menegaskan, akan memberikan keringanan pada pelaku UMKM, yang akan ditempatkan dalam kawasan Tugu Persatuan, pemkot akan membebaskan sejumlah retribusi selama beberapa bulan pasca pemindahan.

Hal ini dilakukan, agar geliat ekonomi bertumbuh dikawasan itu. Selanjutnya, desain kawasan Tugu Persatuan, akan difinalkan berdasarkan masukan dan sejumlah pertimbangan, seperti tata letak, estetika, etika termasuk fungsi kawasan itu. (HS)

Tinggalkan Balasan