Menkeu Harap Masyarakat Dapat Manfaat dari Bansos

HALUANSULTRA.ID – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Sosial Tri Rismaharini, meninjau penyaluran bantuan sosial dan berdialog langsung dengan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA), Rumah Sejahtera Terpadu (RST), ATENSI Disabilitas, ATENSI Yatim Piatu, Program Permakanan Lansia dan Disabilitas. Kegiatan ini berlangsung di Kantor Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jumat (20/01/2023).

“Hari ini saya diundang oleh Bu Risma, untuk melihat beberapa program bantuan sosial yang dikembangkan oleh Kementerian Sosial Bu Risma, dan pendekatan beliau itu sangat sangat berbeda, yaitu, meng-empower atau memberikan pemberdayaan, sehingga masyarakat itu bisa makin mandiri secara ekonomi atau kalau yang disable, tadi juga bisa melakukan aktivitas,” ungkap Menkeu.

Sri Mulyani mengatakan, Kementerian Keuangan akan terus mendukung upaya Kementerian Sosial, guna mewujudkan kemandirian masyarakat pra sejahtera, melalui anggaran perlindungan sosial. Berbagai program yang memberikan hasil nyata, diharapkan dapat terus dijaga dan diteruskan.

“Kami akan mendukung yang dilakukan oleh Kementerian Sosial, karena tadi Bu Risma selalu melihat dari mulai kemiskinan, disabilitas, dan pemberdayaan menjadi satu paket kegiatan,” tandas Menkeu. Pemerintah memberikan alokasi anggaran perlindungan sosial di APBN 2023, senilai Rp476 triliun dengan tujuan untuk melindungi masyarakat yang paling rentan dan paling miskin.

Menkeu berharap, anggaran ini dipakai untuk membantu target yang membutuhkan dan memberdayakan berbagai program Kementerian Sosial, sehingga masyarakat mendapatkan manfaat yang maksimal.

“Saya senang, semoga seluruh anggaran dari perlindungan sosial yang sudah dialokasikan di APBN, bisa dirasakan manfaatnya kepada mereka yang membutuhkan dan tidak dikorupsi,” pungkas Menkeu. (HS/HUMAS)

Tinggalkan Balasan