Hadiri Entry Meeting Pemeriksaan LKKL-2022, Wamenhan Tegaskan Kemhan akan Kooperatif dan Informatif

HALUANSULTRA.ID – Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M. Herindra, menghadiri Entry Meeting Pemeriksaan Laporan Keuangan Kementerian Lembaga (LKKL), TA. 2022 di lingkungan Auditorat Utama Keuangan Negara I (AKN I). Acara ini berlangsung di Auditorium Kantor Pusat BPK RI, Jakarta Pusat, Kamis (26/01/2023).

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Anggota I BPK RI, selaku Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara I Nyoman Adhi Suryadnyana, S.E., M.E., CSFA., CertDA,. Wamenhan M. Herindra mengatakan, pada kegiatan Entry Meeting, kita berkomitmen untuk menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan BPK RI, selaku pemeriksa untuk mewujudkan kesamaan persepsi, terhadap proses dan pelaksanaan pemeriksaan.

Kami juga tentunya akan bersikap kooperatif dan informatif dalam menyediakan data dan dokumen yang diperlukan, atas pemeriksaan Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2022, agar pemeriksaan dapat berlangsung dengan baik, lancar, efektif dan efisien.

“Kami mengucapkan selamat bekerja kepada tim pemeriksa BPK RI, dan kami akan menyiapkan personel sebagai pendamping BPK RI untuk memudahkan dalam proses pemeriksaan.

Semoga proses pemeriksaan atas Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga tahun 2022 di lingkungan Auditoriat Keuangan Negara I, berjalan dengan baik dan lancar, serta menghasilkan output yang berdampak positif bagi perbaikan dan kemajuan kinerja Kementerian/ Lembaga, di masa sekarang dan yang akan datang”, ujar Herindra.

Wamenhan menambahkan, Kementerian Negara/Lembaga di lingkungan pemeriksaan Auditorat Keuangan Negara (AKN) I BPK RI pada 2021, seluruhnya memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas LK masing-masing, dan diharapkan 2022 kembali memperoleh opini WTP.

Anggota I BPK RI Nyoman Adhi Suryadnyana, S.E., M.E., CSFA., CertDA selaku Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara I menjelaskan, bahwa untuk mencapai opini WTP harus memenuhi empat kriteria pemberian opini.

Diantaranya, Kesesuaian LK dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), Kecukupan Pengungkapan Informasi Keuangan dalam Laporan Keuangan sesuai SAP, Kepatuhan Terhadap Peraturan Perundang-undangan dan Efektivitas Sistem Pengendalian Intern.

Dalam rangkaian acara tersebut, Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto menerima Surat Tugas Pemeriksaan atas Laporan Keuangan pada 2022 dari Anggota I BPK RI. Turut hadir dalam kegiatan ini, sejumlah Pejabat Kementerian dan Lembaga, TNI serta Polri. Irjen Kemhan Letjen TNI Budi Prijono, dan Kapuslapbinkuhan Kemhan Brigjen TNI Amad Sugiyono.(HS/HUMAS)

Tinggalkan Balasan