Jadi Tuan Rumah WWF ke-10 di Bali 2024, Jokowi : Sumber Daya Air Jadi Isu Mendesak Bagi Dunia

HALUANSULTRA.ID – Presiden RI Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, sumber daya air menjadi isu yang sangat mendesak untuk kebutuhan seluruh negara. Menurutnya kebutuhan air meningkat sejalan dengan pertambahan penduduk global hingga peningkatan produksi pangan dan industri. Hal tersebut disampaikan di Jakarta, Rabu (15/02/2023).

“Sementara itu ketersediaan air yang berkualitas dan berkelanjutan, semakin sulit akibat degragasi lingkungan dan perubahan iklim. Pengelolaan sumber daya air secara efisien dan terpadu, merupakan agenda yang harus kita kerjakan bersama,” jelas Presiden.

Kepala Negara menambahkan, Indonesia sangat senang terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali 2024. WWF merupakan forum lintas batas terbesar di dunia, yang fokus dalam pembahasan isu-isu air.

Presiden berharap, pada pertemuan awal di WWF ke-10 dapat menghasilkan agenda-agenda penting. “Kita harus menyiapkan banyak substansi yang akan dibahas di puncak acara tahun depan.

Untuk mencari solusi, mengembangkan inovasi dan aksi implementasi bersama sesegera mungkin,” jelas Presiden. Selain itu, forum ini juga mencari solusi global sebagai jawaban atas isu-isu tersebut. WWF ke-10 yang akan dilaksanakan pada 18-24 Mei 2024 nanti mengusung tema “Water for Shared Prosperity”. (HS/RZ)

Tinggalkan Balasan