Dinas Pariwisata Kendari Usulkan Pengembangan Wisata Tondonggeu Waterfront

HALUANSULTRA.ID,KENDARI – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kendari merancang kawasan wisata di kelurahan Tondonggeu, Kecamatan Nambo, Kendari. Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (DJPRL) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, menggelar verifikasi teknik. Sekda Kota Kendari serta jajaran, mengikuti verifikasi teknik secara daring, di Command Center, Kantor Balai Kota, Kendari, Kamis (23/02/2023).

Kewenangan pengelolaan kawasan perairan laut, sudah diserahkan pada Pemerintah Pusat. Saat ini, sedang dalam tahap pengurusan izin persetujuan, sesuai rencana akan dibangun di atas permukaan laut.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kendari Fauziah A Rachman menjelaskan, Pemkot mengusulkan pengembangan kawasan wisata itu di lahan 35,44 hektare.“Kami berharap sekali, bahwa pertemuan ini sudah menjadi titik akhir dari permohonan kami,” harapnya.

Dari hasil verifikasi itu, kawasan yang diusulkan Dinas Kebudayaan Pariwisata Kota Kendari ini, tumpang tindih dengan usulan pengelolaan oleh PT Kendari Kawasan Industri Terpadu, yang akan menjadikan wilayah itu sebagai kawasan pelabuhan.

Sekretaris Daerah Kota Kendari meminta, DJPRL memberikan win-win solusi. Sebab pembangunan kawasan ini merupakan tindaklanjut pengembangan kawasan pariwisata Pantai Nambo yang sudah disusun lebih awal.

“Pemkot, akan berupaya semaksimal mungkin memberikan layanan prima terhadap investasi di Kota Kendari, tentu berharap banyak dari Pemerintah Provinsi secara berjenjang sampai pihak Kementerian, untuk sama-sama kita mencari solusi,” ungkapnya. Menurutnya, dua hal ini sama pentingnya untuk pengembangan dan kemaslahatan masyarakat Kota Kendari. Kawasan ini dipilih untuk melestarikan hutan mangrove. (HS)

Tinggalkan Balasan