Pj Wali Kota Kendari Tinjau Pembersihan Pohon Pasca Bencana Hidrometerologi

HALUANSULTRA.ID,KENDARI – Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu meninjau posko penanggulangan bencana Hidrometerologi dan pembersihan pohon pasca bencana yang terjadi pada Minggu. Peninjauan dilakukan di Posko utama di depan Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendari, Rabu (08/03/2023).

Kemudian, kunjungan dilanjutkan dengan melihat rumah korban meninggal dunia di Watulondo dan menyerahkan bantuan pada warga yang rumahnya tertimpa pohon di dekat rumah sakit jantung.

Selanjutnya, Asmawa Tosepu bersama rombongan meninjau lokasi pembersihan pohon pasca bencana pada beberapa titik, untuk mempercepat proses pelayanan masyarakat yang terganggu akibat pohon tumbang. Pj Wali Kota Kendari menjelaskan, Pemkot Kendari bersama stakeholder terkait dan masyarakat sudah bergerak cepat, termasuk membentuk 11 tim percepatan penanganan pasca bencana.

“Langkah-langkahnya kita sudah buat posko sebagai tempat konsolidasi, kemudian membentuk 11 tim di seluruh kecamatan dan sudah bergerak, paling tidak teman-teman membuka akses fasilitas pelayanan masyarakat, atau yang terkait dengan aktifitas masyarakat termasuk verifikasi korban yang akan diberikan bantuan,” ungkap Asmawa.

Dalam penanganan darurat bencana ini, pemkot juga mendapat dukungan dari TNI Polri, termasuk sektor swasta yang memberikan bantuan untuk mendukung pengangkutan material pasca bencana. Untuk bantuan sudah mulai disalurkan pada korban baik berupa bantuan sandang maupun kebutuhan mendesak seperti terpal untuk menutup sementara rumah yang rusak.

Asmawa juga menyampaikan, ucapan terimakasih pada semua pihak yang telah membantu penanganan pasca bencana. Pemkot Kendari melalui Gubernur Sulawesi Tenggara telah melaporkan pada Pemerintahan Pusat termasuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dan dalam waktu dekat BNPB akan menurunkan bantuan rehabilitasi rumah pasca bencana, terhadap ratusan rumah yang rusak. Turut hadir dalam kunjungan yakni, Sekda, Kadis PUPR, Kepala BKAD, Kadis DLHK, Kadishub, dan Kasat Pol PP Kota Kendari. (HS)

Tinggalkan Balasan