Kadispora Sultra : Seleksi Paskibraka 2023 Kini Diambil Alih Kesbangpol

HALUANSULTRA.ID – Seleksi perekrutan anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) tahun 2023, kini menjadi tanggung jawab Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Ini sesuai dengan dengan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 51 tahun 2022 tentang program Paskibraka dan Permendagri 84 tahun 2022. Proses pendaftaran dilakukan secara online terpusat di laman paskibraka Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Hal tersebut diungkapkan langsung Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Sultra, H. Trio Prasetio Prahasto, di ruang kerjannya, Senin 4 April 2023. “Bukan instansi kami lagi yang melakukan seleksi. Sekarang itu sudah diserahkan ke Kesbangpol. Dan kalau dulu pendaftaran hanya di kota atau kabupaten, saat ini dipusatkan dengan pendaftaran online terpusat di laman paskibraka.bpip.go.id. Nanti silahkan konfirmasi ke Kesbangpol ya,” ujarnya, H. Trio.

Menurutnya, saat ini rekrutmen Paskibra mulai di daerah sampai tingkat nasional diwajibkan melalui tahapan seleksi program BPIP. “Jadi pasca terbitnya peraturan tersebut, program kegiatan Paskibraka dari asalnya Kemenpora itu dipindahkan Kemendagri, otomatis dari Kemendagri akan turun ke bawah melalui Kesbangpol. Ya terhitung mulai dari tahun 2023, program kegiatan Paskibraka dialihkan ke Kesbangpol,” sambung Trio.

Mantan Sekwan DPRD Sultra ini menambahkan, pengalihan wewenang ini satu paket mulai dari rekrutmen sampai pelaksanaan wawasan kebangsaan untuk para Paskibraka yang bertugas. “Saya tegaskan kembali ya. Untuk peralihan, sebelumnya (seleksi Paskibra,red) melalui Dispora. Sekarang ada regulasi baru ke Kesbangpol. Intinya, pihak Kesbangpol harus mengakomodir berbagai persiapan dan tahapan rekrutmen Paskibraka,” katanya.

Suasana seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2022 yang akan bertugas pada peringatan HUT RI ke-77. Foto : Dok/HS

Seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk pemprov Sultra setiap melakukan seleksi 56 calon Paskibraka. Rincianya, terdiri dari 26 putra dan 30 putri yang berasal dari kabupaten/kota se-Sultra yang telah mengikuti seleksi di tingkat daerahnya. Seleksi calon paskibraka ini merupakan rangkaian dalam peringatan HUT RI pada 17 Agustus 2023 mendatang.

Proses seleksi akan ditempuh oleh calon anggota Paskibraka akan dimulai dari tahap seleksi parade, meliputi tes fisik calon anggota Paskibraka, tes wawasan kebangsaan, tes intelegensia umum, tes kesemaptaan, tes peraturan baris-berbaris, dan tes kepribadian, dengan melibatkan berbagai unsur terkait dilaksanakan secara transparan.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sultra, Harmin Ramba, membenarkan jika instansinya kini mengambil alih proses seleksi Paskibraka. “Benar, kami sudah persiapkan semuanya,” katanya. “Karena ini memang sesuai dengan Perpres yang baru, mengamanahkan Paskibraka itu di bawah naungan Kesbangpol. Nantinya adik-adik Paskibra akan dijadikan duta Pancasila,” sambungnya.

Untruk diketahui, pendaftaran dan rekrutmen calon paskibraka 2023 telah dimulai. Untuk wilayah Sulawesi Tenggara biasanya agenda seleksi akan dipatenkan pada pertengahan Mei 2023. Tahapannya dalah seleksi kesamaptaan, parade, tes kejiwaan dan psikotes. Tahapan seleksi tersebut hampir sama dengan seleksi TNI/Polri jika dilihat dari sistem penilaiannya. (HS)

Tinggalkan Balasan