Bapenda Kota Kendari Juara 1 Lomba Mosolori, Baruga Pemenang Tingkat Kecamatan

HALUANSULTRA.ID – Beragam kegiatan dilaksanakan Pemkot Kendari menyemarakan HUT ke 192 Kota Kendari. Salah satu agenda yang digelar adalah lomba mosolori atau membuat sinonggi (makanan khas suku Tolaki dari sagu). Sekitar 41 peserta yang dibagi dalam 4 tahapan ambil bagian dalam lomba. Mereka masing-masing langsung dinilai dewan juri.Pembukaan lomba ditandai dengan demo membuat sinonggi atau Mosolori yang dilakukan oleh Pj Wali Kota Kendari Bersama Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kendari Siti Chomzah Asmawa.

Selain lomba Mosolori, para peserta juga menyiapkan aneka lauk pauk yang akan disajikan bersamaan dengan sinonggi. Aneka lauk pauk ini juga menjadi satu lomba tersendiri. Dalam lomba ini, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Kendari keluar sebagai juara 1 lomba. Sementara juara dua diraih Dinas Kependudukan dan catatan sipil dan juara 3 milik Badan Kesbangpol, juara 4 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, juara 5 Dinas Pertanian dan juara 6 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Sedangkan untuk kategori kecamatan, juara 1 Kecamatan Baruga, juara 2 Kecamatan Abeli dan juara 3 Kecamatan Wua-wua. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Kendari Hasria Mahmud menjelaskan, selain untuk memeriahkan HUT Kota Kendari, pelaksanaan lomba ini adalah untuk mensosialisasikan makanan khas daerah, karena Sinonggi ini adalah salah satu jenis makanan pangan lokal yang dikonsumsi masyarakat Kota Kendari secara turun temurun. “Lomba ini juga sebagai sarana promosi dan edukasi bagi masyarakat bahwa sinonggi tidak kalah dengan nasi atau pangan impor lainnya dari segi cita rasa dan gizinya jika disajikan dengan lauk pauk ikan, sayuran dan lainnya,” jelasnya.

Dia berharap, dengan lomba ini dapat mengangkat citra pangan lokal untuk dikonsumsi masyarakat dan menjadi tuan di negeri sendiri dan mampu meningkatkan minat masyarakat untuk mengkonsumsi pangan lokal, sehingga dapat meningkatkan diversifikasi konsumsi pangan melalui pemanfaatan bahan pangan lokal. (HS)

Tinggalkan Balasan