4 Skateboarder Sultra Mulai Berlaga di Fornas Jabar, Rival Berat Wilayah Jawa

HALUANSULTRA.ID – Induk Olahraga (Inorga) Komunitas Indonesia Skateboard (KIS) Sulawesi Tenggara (Sultra), akan memulai laga perdana diajang Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) VII 2023 di Bandung Jawa Barat, Rabu 5 Juli, hari ini.

Empat putra Sultra masing-masing Muhamad Rizal, Kurniawan, Vino dan Muhamad Sahrul, sudah berada di arena tanding di areal Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung.

Ketua Inorga KIS Sultra, Khalid Said menuturkan, empat pegiatnya akan turun pada nomor street open, street beginner, park (bowl) dan game of skate. “Kami akan bertanding selama dua hari, Rabu dan Kamis. Tim KIS Sultra sementara akan melakukan pembagian grup,” ujarnya kepada HALUANSULTRA.ID di arena tanding, Rabu, 5 Juli 2023.

Menurut Khalid, peserta Fornas kali ini mencapai 200 orang. Nah daerah yang patut diperhitungkan bakal menjadi saingan berat Sultra ada di wilayah Jawa seperti DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah juga tuan rumah Jawa Barat. Meski begitu lanjut dia, pemenang skate board sulit untuk ditebak sebab kadang skil jadi, terkadang juga pegiat tampil tidak dalam performa oke.

“Dari 4 nomor yang kami ikuti ada satu yang bisa langsung diketahui pemenangnya yaitu game of skate, sebab ini satu lawan satu,” jelasnya. “Kalau yang nomor lainnya itu sulit diketahui karena ada juri yang menentukan. Nilainya itu tertinggi 10, ada perengkingan terendah nilai 1. Kalau lawan berat memang DKI dan Jabar,” sambung dia.

Suasana arena pertandingan Skateboard

Setiap atlet pada tiap nomor saling bersaing untuk mendapatkan nilai tertinggi, mulai dari babak kualifikasi hingga final. Pada nomor street, setiap skater akan melalui sesi “run” dalam waktu 45 detik untuk beratraksi di semua rintangan.

Poin yang didapatkan tiap skater kemudian bisa bertambah pada sesi trik terbaik (best trick). ” Jadi disini tehnik dan skill menentukan. Kalau bagus dianggap juri pasti akan menjadi yang terbaik,” tambahnya.

Khalid pun meminta doa dan dukungan dari masyarakat, agar seluruh pegiat KIS yang berlaga di Fornas Jawa Barat bisa tampil bagus. “Ini ajang sangat baik untuk mengukur kemampuan kami. Mohon doanya ya,” tutup Khalid. (HS)

Tinggalkan Balasan