Penipuan BRILink di Kendari : Kabur Usai Ditranser, Pelaku Sudah 7 Kali Beraksi

HALUANSULTRA.ID – Seorang pria diamankan Buser77 Polresta Kendari usai melakukan penipuan terhadap pegawai BRI Link di Jln, R.A. Kartini Kelurahan Kendari Caddi, Kota Kendari, Minggu 9 Juli 2023 sekitar pukul 09.00 Wita. Pelaku diketahui bernama Muhammad Panjul Firza alias Panjul.

Kasat Reskrim Polresta Kendari, AKP Fitrayadi menjelaskan, awalnya Minggu 9 Juli 2023 pagi, datang seorang laki-laki yang tak dikenal hendak melakukan transaksi pengiriman uang melalui agen BRI Link di Counter Padaidi Cell.

Agen BRIlink itu dijaga oleh karyawan perempuan. Tersangka menyuruh karyawan tersebut untuk transfer sejumlah uang, namun sebelum ditransfer, karyawan meminta uang tunai.

“Disitu tersangka mengatakan transfer saja karena uangnya ketinggalan di rumah, sempat karyawan tersebut tidak mau mentrasfer bila uang tidak ada. Namun di Panjul tetap mendesak agar ditransfer sehingga karyawan itu langsung mentransfer uang tersebut ke rekening 3055-01-004677-50-0 Atas Nama IRFAN S,” kata Kasat.

Setelah uang ditransfer tersangka mengaku akan mengambil uang di rumah namun tidak kunjung datang. Menurut Fitrayadi,
setelah menemukan bukti permulaan yang cukup, Tim Buser77 Satreskrim Polres Kota Kendari melakukan pencarian terhadap tersangka. “Kita tangkap di Home Stay Kost A&A Jl. Bunga duri I Kel. Lahundape Kec. Kendari Barat, Kota Kendari,” terangnya.

Berdasarkan hasil interogasi, pelaku mengakui telah melakukan tindak pidana penipuan tersebut. Modusnya seolah-olah akan melakukan transfer uang ke nomor rekening orang lain melalui BRILink, namun saat sudah di transfer langsung melarikan diri. “Saat beraksi juga pelaku mengaku sebagai Petugas BNN dan Petugas Kepolisian,” tuturnya.

Kasat menambahkan, tersangka Panjul telah melakukan tindak pidana penipuan dengan modus yang sama sebanyak 7 kali di wilayah hukum Polresta Kendari. Panjul merupakan Residivis pada kasus yang sama dan pernah di tahan di Rutan Kelas IIA Kendari. “Bagi pemilik usaha jasa BRILink agar melaporkan ke Polresta Kendari bila mengalami penipuan semacam ini. Kami juga imbau bagi pengusaha BRIlink, jangan transaksi kalau belum ada uang tunai,” tutupnya. (HS)

Tinggalkan Balasan