Maksimalkan Program Transformasi Perpustakaan, Dispusipda Sultra Gelar Roudshow Literasi

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Untuk mendukung program prioritas “Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial” Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), hadirkan Roudshow Literasi di sejumlah wilayah. Diantaranya, Kabupaten Kolaka 17 Juli 2023, Konawe Utara (Konut) 21 Juli, Konawe Selatan (Konsel) 25 Juli, dan terakhir Kota Kendari 31 Juli 2023.

Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Sultra Wa Ode Nur Iman mengatakan, adanya kegiatan ini menjadi kabar baik sekaligus penanda bahwa pemprov Sultra hingga saat ini masih terus berkomitmen, untuk membangun dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya literasi.

“Kita berharap kegiatan ini dapat menjadi kegiatan rutin yang bisa diselenggarakan kedepannya. Ini juga menjadi komitmen kita bersama, khususnya di forum taman baca, pemerintah maupun masyarakat untuk terus bersama-sama menggaungkan literasi,” katanya Senin, (24/7/2022).

Lebih lanjut menurut wanita yang akrab di sapa Iman ini, dalam menghadapi kemajuan zaman kemampuan literasi menjadi bekal sangat membantu, agar bisa berkompetisi dengan masyarakat lain dan mempunyai semangat serta berdaya saing tinggi.

“Semoga komitmen-komitmen yang sudah terjalin bersama seluruh pihak dapat terus diperkuat. Agar kita bisa bersama-sama membangun daerah sehingga bisa bersaing dengan daerah-daerah lain yang ada di Indonesia maupun internasional,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sultra H. Abdurrahman Shaleh mengungkapkan, kemampuan literasi menjadi salah satu aspek penting dan utama untuk menciptakan insan dan generasi-generasi yang unggul.

“Respon pemerintah sudah cukup bagus, saya sangat mendukung pemerintah provinsi melalui Dinas Perpustakaan menggandeng pemerintah daerah dan stakeholder terkait, untuk membudayakan literasi di kalangan masyarakat,” ujarnya.

Reporter : Erviana

Tinggalkan Balasan