Miliaran Dugaan Korupsi Pembangunan Tower Bank Sultra Dilaporkan ke Kejaksaan

HALUANSULTRA.ID – Kepala Seksi (Kasi) Intel Kejari Kendari, Bustanil N. Arifin, mengatakan, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kendari telah menerima aduan terkait dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) pembangunan tower Bank Sultra di Jalan Malik Raya No.14, Korumba, Mandonga, Kota Kendari. Laporan tersebut dimasukan oleh salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Triga Nusantara (Trinusa). “Benar, kami telah menerima aduan soal tower Bank Sultra.,” kata Bustanil, Rabu 15 November 2023.

Menurut mantan Kasi Intel Kejari Konawe ini, dalam laporannya, LSM Trinusa menemukan dugaan korupsi hingvamenyebabkan kerugian keuangan negara sebesar Rp7,7 miliar. Temuan itulah yang akan ditelusuri kebenarannya oleh Kejari Kendari. Berdasarkan surat aduan LSM tersebut, Bustanil mengungkapkan melihat ada kerugian keuangan yang hampir sinkron dengan data Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). “Nanti kami sampaikan perkembangan selanjutnya, apakah ini masuk di dalam tindak pidana korupsi atau seperti apa,” jelasnya.

Bustanil mengaku bahwa setelah diajukan ke PTSP, surat tersebut sudah diajukan ke pimpinan dan telah ditindak lanjuti ke bidang tindak pidana khusus. Selanjutnya, bidang tindak pidana khusus akan melakukan proses telaah untuk menentukan langkah yang lebih lanjut. Kejari telah melakukan analisa dan telah melaporkan hal tersebut kepada pimpinan Kejari Kendari untuk selanjutnya dibentuk tim pidsus sebagai tim penelaah.

Untuk diketahui, pembangunan Tower Bank Sultra dimulai sejak 2017 dan menelan anggaran sebesar Rp116 miliar. Pembangunan yang dilakukan oleh pihak Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Abipraya rampung pada tahun 2019 silam. Namun, setelah itu pembangunan tidak dilanjutkan tanpa ada alasan yang konkrit. Setelah lama terbengkalai, pada Maret 2023 pengerjaan Tower Bank Sultra kembali dilanjutkan. PT Lince Romauli Raya (LRR). LRR memenangkan tender pembangunan Tower Bank Sultra tahap II tersebut dengan nilai penawaran Rp 50.297.100.000.

PT LRR nantinya berdasar surat lelang tender Tower Bank Sultra tahap II nomor 003/135.000/02/23/PAN-TWR II akan mengerjakan pengerjaan persiapan, arsitektur, interior melekat, bangunan penunjang, mekanikal, elektrikal, plumbing (sewage treament plan) dan pekerjaan akhir. (HS)

Tinggalkan Balasan