Aplikasi Sisumaker, Gagasan Cemerlang Pj Gub Sultra Kini Digunakan di Kantor Dispora

HALUANSULTRA.ID – Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), kini menerapkan aplikasi Sistem Informasi Surat Masuk dan Keluar (Sisumaker). Langkah ini sebagai upaya untuk mendorong implementasi E-Government, sekaligus menunjang kelancaran tata kelola surat menyurat. Aplikasi ini merupakan gagasan cemerlang dari Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto.

Aplikasi Sisumaker bertujuan sebagai upaya memudahkan pengelolaan administrasi khususnya surat menyurat. Kadispora Sultra, La Ode Daerah Hidayat mengungkapkan, penerapan aplikasi Sisumaker di lingkungan Pemprov Sultra khusus di kantor Dispora Provinsi untuk memberi kemudahan dalam pengelolaan administrasi persuratan. Hal tersebut dalam rangka mendorong terwujudnya E-Government untuk memberikan pelayanan publik yang optimal.

“Ini merupakan program atau gagasan dari bapak Gubernur Sultra. Ini baru pertama kali hadir untuk surat menyurat. Tentu ini sebagai wujud memberikan pelayanan yang baik, sekaligus memberi pelayanan dengan cepat kepada masyarakat terutama dalam hal administrasi surat menyurat. Kami di Dispora akan mulai menerapkan aplikasi Sisumaker. Kami sudah melakukan uji coba, alhamdulillah sangat bagus,” ujarnya. “Melalui pemanfaatan teknologi informasi, maka pelayanan kepada masyarakat akan berjalan lebih cepat, efektif dan efisien,” sambung La Ode Daerah Hidayat.

Rifaldi

Di tempat terpisah, Kepala Bagian Umum Dispora Sultra, Rifaldi, mengungkapkan aplikasi Sisumaker memiliki banyak manfaat sebab adanya aplikasi ini dapat memudahkan pemantauan terhadap keberadaan surat, sehingga kemudian dapat ditindaklanjuti secara efektif dan efisien serta terjamin dari sisi keamanan. Cara kerja dalam program ini mengurangi penggunaan ATK, riwayat pengiriman surat langsung terdata, memangkas transportasi. “Aplikasi ini kerjasama dengan surat menyurat di Kemenkum dan HAM. Sangat membantu sekali pak, luar biasa aplikasi ini,” ucapnya.

Ke depan, lanjut Rifaldi, surat menyurat tidak lagi dilakukan secara manual, tetapi sudah menggunakan sistem digital. Hal ini tentu ditunjang dengan sarana dan prasarana informasi dan teknologi yang memadai, termasuk jaringan internet di masing-masing OPD. Menurutnya, mengahadapi era digital saat ini, pemanfaatan teknologi informasi merupakan hal wajib dalam mendukung pelaksanaan pemerintahan yang efektif dan efesien.

“Intinya, aplikasi ini memberikan kemudahan kepada kepala OPD untuk menandatangani surat dimana pun, kapan pun, serta dalam waktu apa pun. Sebab Sisumaker adalah aplikasi yang mengatur surat masuk surat keluar dengan sistemnya telah menggunakan paperless,” jelasnya. (HS)

Tinggalkan Balasan