Presiden Hadiri Puncak Hari Pers Nasional di Ancol

HALUANSULTRA.ID – Presiden Joko Widodo menghadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional 2024 di Ecovention Ancol, Jakarta Utara, Selasa, 20 Februari 2024. Jokowi beserta rombongan tiba di lokasi acara pada pukul 16.00 WIB. Tampak turut hadir dalam acara Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

HPN yang diperingati setiap 9 Februari menjadi salah satu pijakan jurnalisme di tanah air. Peringatan ini sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (HUT PWI) yang dibentuk sejak 1946. Peringatan HPN menjadi salah satu hasil dari Kongres PWI ke-28 yang berlangsung di Padang pada 1978. Awalnya, hal ini tercetus dari keinginan tokoh-tokoh pers untuk memperingati eksistensi dan peran pers Indonesia dalam lingkup nasional. Tanggal 9 Februari yang merupakan hari lahir PWI, secara resmi ditetapkan sebagai Hari Pers Nasional. Hal ini tertuang melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1985 tentang Hari Pers Nasional.

Hingga kini, 9 Februari diperingati sebagai HPN sekaligus HUT PWI. Rangkaian kegiatan ini berlangsung di Candi Bentar Hall, Ancol, Jakarta Utara, pada 17-20 Februari 2024. Tampak Presiden Joko Widodo berfoto selfie bersama para peserta. Harapan dari puncak, peringatan hari Pers Nasional ini, media dan seluruh insan pers dapat memberikan informasi kredibel dan bertanggung jawab dalam menyampaikan berbagai program pemerintah dan menyalurkan aspirasi masyarakat dengan baik. (BS)

Tinggalkan Balasan