Pemprov Sulawesi Tenggara Alokasikan Dana Rp 11 Miliar untuk PON Aceh-Sumut

HALUANSULTRA.ID – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), mengalokasikan anggaran Rp11 miliar untuk pembinaan dan keberangkatan kontingen cabang olahraga pada pekan olahraga nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024. Anggaran tersebut dianggarkan melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Diskepora) provinsi.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kadispora Sultra Sultra, La Ode Daerah Hidayat. ” Untuk PON Aceh-Sumut tahun 2024 besaran hibah dari Pemprov sebesar Rp 11 miliar sesuai dengan perencanaan yang ditetapkan oleh Pemprov melalui tim TPAD. Kami masih menunggu DPA yang akan kita ketahui secara langsung,” ujar La Ode Daerah Hidayat, di ruang kerjanya.

Kata dia, Diskepora telah melaksanakan rapat bersama pengurus KONI Provinsi dan salah satunya membahas soal anggaran hibah PON. Nah untuk realisasi anggaran lanjut Kadis, telah disampaikan kepada pengurus induk olahraga untuk membuat rincian terkait penggunaan anggaran tersebut. “Semua sudah kita bahas bersama, intinya sekarang kami Dispora masih menunggu DPA,” beber Kadis.

Pemegang sabuk hitam Cabor karate ini menginginkan, anggaran tersebut nantinya dapat dimaksimalkan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sultra untuk meraih hasil yang maksimal di ajang PON tahun ini. Masing-masing cabang olahraga yang akan bertanding pada PON 2024, diharapkan dapat mempersiapkan altetnya dengan giat berlatih dan menjaga kondisi fisik agar tetap prima. “Tentu, kita ingin daerah kita tercinta meraih medali sebanyak-banyaknya pada PON Aceh-Sumatera Utara,” ucapnya.

Suasana saat rapat KONI bersama Diskepora Sultra di Kantor KONI Provinsi.

Secara terpisah, Sekum KONI Sultra, Elvis Basri Uno mengatakan belum mengetahui secara pasti berapa total anggaran yang diberikan Pemprov untuk tahun 2024. Ia pun berharap dana tersebut bisa sesuai dengan harapan karena tahun ini ada hajatan PON Aceh-Sumatera Utara. Apalagi Kontingen Sultra telah meloloskan 27 Cabang Olahraga dengan jumlah 146 atlet.

“Kalau memang jumlah Rp 11 miliar, itu saya rasa belum cukup karena kontingen kita sangat banyak yang akan berangkat. Belum lagi kita akan TC, ada juga dana operasional atau anggaran rutin KONI provinsi, pasti diambil dari anggaran tersebut,” bebernya.

Elvis mengatakan, pihaknya masih akan melakukan rapat bersama Cabor jika anggaran PON Rp 11 Miliar telah disampaikan secara resmi ke KONI oleh Dispora Sultra. “Intinya KONI Provinsi menunggu anggaran hibah yang akan diberikan. Apalagi pelaksanaan PON sudah kian dekat, cabor tentu butuh persiapan matang,” tutupnya. (HS)

Tinggalkan Balasan