Diwarnai Keputusan Kontroversial Wasit, Timnas U-23 Indonesia Takluk dari Tuan Rumah Qatar

HALUANSULTRA.ID – Timnas U-23 Indonesia harus mengakui keunggulan Qatar pada laga pertama grup A Piala Asia U-23 2024. Bermain di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Senin (15/4), Tim Garuda Muda kalah 0-2. Indonesia U-23 sebenarnya dapat mengimbangi Qatar. Selain mampu menahan gempuran lawan dengan baik, skuad Garuda Muda juga bisa memberi ancaman serius. Selain tandulan jarak dekat Muhammad Ferrari, bola tendangan Rafael Struick juga sempat mengenai tiang gawang di babak pertama.

Akan tetapi, pada menit ke 45+1, Indonesia harus kebobolan 0-1 lewat penalti Khalid Ali Sabah karena Rizky Ridho dianggap melakukan pelanggaran kepada Mahdi Salem Almejaba. Wasit asal Tajikistan Nasrullo Kabirov melihat video assitent referee (VAR) sebelum membuat keputusan kontroversial dengan menunjuk titik putih. Keputusan kontroversial lainnya dibuat wasit pada awal babak kedua. Ia memberi kartu merah pada Ivar Jenner di menit ke-46. Ivar dinilai melanggar bek Qatar, Saifeldeen Hassan Fadlalla dan mendapat kartu kuning kedua.

Dalam tayangan ulang sendiri tampak sentuhan yang terjadi sangat tipis. Namun, wasit terpengaruh oleh reaksi berlebihan pemain Qatar dan tidak mencoba memeriksa insiden itu dengan VAR. Unggul jumlah pemain, Qatar mampu mencetak gol kedua melalui tendangan bebas Ahmed Al-Rawi pada menit ke-54. Skor 2-0 untuk Qatar. Meski dengan 10 pemain, Indonesia masih bisa menggempur tuan rumah. Sayang, Ramadhan Sananta juga mendapat kartu merah di penghujung babak kedua karena dianggap melakukan pelanggaran kepada pemain belakang Qatar.

Tidak ada gol tambahan tercipta dari kedua tim. Qatar menang dengan skor 2-0. Hasil ini membuat Qatar menduduki puncak klasemen sementara Grup A dengan 3 poin. Indonesia berada di dasar klasemen dengan 0 poin. Sedangkan Yordania dan Australia berada di posisi kedua dan ketiga, setelah kedua tim main imbang 0-0. Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Australia pada Kamis (18/4) mendatang di Abdullah bin Nasser bin Khalifa Stadium. (ilo)

Tinggalkan Balasan