Tanggul Jebol, Belasan Rumah Warga di Kolut Terendam Air Bercampur Lumpur Limbah Tambang

HALUANSULTRA.ID – Belasan unit rumah warga Dusun 4 Desa Sulaho, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) terendam air berlumpur pukul 02.00 wita, Rabu (15/12/2021). Hal tersebut diakibatkan curah hujan yang tinggi dan jebolnya tanggul Sediment Pond dari limbah pertambangan setempat.

Berdasarkan data dari aparat kepolisian setempat, jumlah rumah yang terendam sebanyak 15 unit. Ketinggian air berlumpur tersebut diperkirakan mencapai lutut orang dewasa. Air yang menggenangi rumah warga sejak pukul 02.00 wita itu berangsur surut hingga pukul 06.00 Wita. Pemilik rumah pasrah dan berupaya membersihkan kediamannya masing-masing.

Abdullah, warga Dusun 4 Sulaho mengatakan, selain 15 unit yang terendam, yang lainnya juga terdampak. Meski air berlumpur tidak masuk ke kediaman mereka namun juga kesulitan keluar rumah karena lumpur merata di jalan-jalan pemukiman. “Bersihkan rumah masing-masing. Pihak BPBD ada yang telah ke lokasi mendata tadi,” ujarnya.

Hingga berita ini diterbitkan, Abdullah mengatakan belum ada dari pihak mana pun yang terlihat datang membantu warga membersihkan rumahnya. Meski dusunnya dikepung perusahaan tambang, tidak satu pun disampaikan datang membantu. “Terdekat dari perkampungan ada PT Riota. Tapi hanya dijanji saja tadi. Warga bersihkan rumahnya masing-masing,” bebernya.

Terkait air bersih ke dusun setempat, Abdullah juga menyampaikan mengalami gangguan. Pipa saluran rusak yang berada di tempat ketinggian. “Besok kami baru cek. Kami berharap ada perhatian dari pemerintah atau perusahaan tambang membantu warga membersihkan rumah-rumahnya dan memperbaiki tanggul yang jebol itu,” tutupnya. (rus)

Tinggalkan Balasan