Tampil Memukau Di Pagelaran HPN Kota Kendari, Tari Topeng Kelana Gandrung Raih Penghargaan

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Tari Topeng Kelana Gandrung tampil memukau di pagelaran Hari Pers Nasional (HPN). Tari ini juga berhasil meraih Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (AK-PWI) 2022 di Kendari. Bupati Indramayu, Nina Agustina Da’i Bachtiar, yang turut hadir di Kota Kendari mengajak para kawula muda untuk andil sebagai bagian dari pelestarian budaya daerah.

Bupati Indramayu mengatakan, ini menjadi penampilan perdana sekaligus ajang untuk mempromosikan serta melestarikan budaya daerah. “Untuk para generasi muda pastinya harus lebih semangat lagi, jangan jauh dari akar budaya. Harus terus di tingkatkan lagi intinya jangan sampai hilang lah,” katanya Selasa (8/2/2022).

Lebih jauh ia katakan, perkembangan zaman seperti saat ini juga harus dimanfaatkan sebagai langkah untuk melestarikan, memajukan serta mempopulerkan semua elemen budaya. “Alhamdulillah Tari Topeng Kelana Gandrung khas Indramayu bisa kita pentaskan dalam acara Hari Pers Nasional 2022. Dan tahun ini terpilih menerima penghargaan anugerah kebudayaan dari PWI pusat,” terangnya.

Kedepan Nina berharap, tidak hanya Tari Topeng tetapi budaya lain di Indonesia dapat terus di galakkan, dijaga, dilestarikan, dan terus dikembangkan terutama di kalangan generasi muda.

Reporter : Erviana Hasan

Tinggalkan Balasan