Persiapan Pra Popnas di Samarinda, Dispora Sultra Gelar Kejurda 4 Cabor

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Dalam rangka menghadapi ajang Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di Samarinda, Kalimantan Timur. Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) antar pelajar Se-Sultra.

Kejurda kali ini mempertanding empat cabang olahraga. Yaitu Silat, Sepak Takraw, Bulu Tangkis dan Bola Basket. Kepada haluansultra.id, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sultra, Trio Prasetio Prahasto mengungkapkan, ajang ini sebagai acuan untuk melihat atlet yang potensial.

Suasana pertandingan Cabor Silat di Aula Politekes

Nah mereka kemudian akan diakomodir menjadi perwakilan Sultra pada ajang Pra Popnas yang akan di helat pada Agustus mendatang di Samarinda. “Iven ini adalah bagian dari proses seleksi para atlet untuk berlaga di event-event dalam waktu dekat,” ucapnya, Kamis (17/3/2022).

Pemegang sabuk hitam Cabor Kempo ini meminta, seluruh atlet yang berlaga menjunjung tinggi sportivitas. Lalu, menurunkan semua kemampuan demi mendapatkan gelar terbaik. “Saya harap semua atlet dapat menjaga marwah persaudaraan dan mengedepankan sportifitas, dalam meraih prestasi,” terangnya.

Jamaruddin

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Prestasi Dispora Sultra, Jamaruddin menjelaskan, Cabor pertama yang sudah pembukaan Kejurda itu Pencak Silat dan dihadiri langsung ole Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulawesi Tenggara.

Kata dia, terdapat empat Cabor dipertandingkan pada Kejurda Sultra tahun ini. Diantaranya, pencak silat 16-19 Maret, sepak takraw 21-24 Maret, Bulutangkis 17-21 Mei, dan Bola Basket 21-24 Mei 2022. “Memang hanya empat karena disesuaikan dengan situasi serta kondisi kemampuan anggaran daerah,” sambung Jamarudin.

Dia menambahkan, peserta Kejurda berasal dari pelajar 17 Kabupaten/Kota se-Sultra. Nah para atlet dibiayai oleh pemerintah daerah masing-masing. “Semoga kita mendapatkan atlet terbaik yang bisa mengharumkan nama daerah di kancah nasional,” tutupnya.

Reporter : Erviana

Leave a Reply