Baru Dilantik Pimpin HIPMI, Putra Gubernur Sultra Diduga Mau Maju Lagi jadi Caketum KONI

HALUANSULTRA.ID – Pemilihan Ketua Umum KONI Sulawesi Tenggara (Sultra) segera bergulir. Induk olahraga provinsi telah mempersiapkan pelaksanaan rapat yang akan dihadiri perwakilan Pengurus Cabor dan KONI Kabupaten/Kota, akhir Maret ini.

Nah, sejumlah figur pun telah bermunculan akan bertarung. Misalnya, LM Raji’un Tumada, Muh Endang. Bahkan ada satu nama yang kembali muncul yaitu Alvian Taufan Putra Ali Mazi. Hanya saja, hadirnya putra Gubernur ini menuai sorotan sebab terkesan dipaksakan maju. Alasannya, Alvian masih menjabat bahkan baru dilantik sebagai Ketua HIPMI Sultra akhir Februari 2022. Kedua, Alvian dianggap masih terlalu muda untuk memimpin KONI sebab baru kurang lebih 2 tahun tamat SMU atau baru semester tiga di kampus.

Pengamat Olahraga Sultra, Drs Ashar mengaku kaget dengan munculnya nama Alvian. Ia pun menginginkan hal ini ditanyakan langsung ke yang bersangkutan soal kesiapan maju sebagai figur tersebut. Jangan sampai didorong maju untuk menjatuhkan figur lain. Belum lagi, hampir semua Cabor dipimpin oleh senior di bidang olahraga bahkan banyak pejabat.

Nah, disinyalir ada kepentingan oknum tertentu yang sengaja mendorong Alvian. “Mungkin teman-teman media bisa tanyakan juga ke Alvian ya. Kalau tidak salah HIPMI itu mendapat juga dana hibah. Nah KONI juga dapat dana hibah. Apa boleh secara hukum mengelolah dua dana hibah,” tegas mantan Kadispora Sultra ini, Sabtu (26/3/2022).

Ketua Forum Komunikasi Peduli Olahraga Sultra ini meminta kepada Gubernur untuk jeli melihat persoalan ini. Dia pun menginginkan figur mana pun tidak gentar dan jangan mundur. “Jadi hadirnya putra Gubernur sudah pasti salah satu senjata untuk mengalahkan calon lain yang kuat. Saya sinyalir ada sesuatu di belakangnya. Tapi calon lain jangan mundur, lawan!” bebernya.

Menurut Sekum Perbakin Sultra ini, jika ada figur lain yang siap untuk maju, punya pengalaman, memenuhi semua kriteria tentu lebih layak didukung. “Masih banyak putra daerah Sultra yang lebih cocok bahkan kerap turun langsung membantu olahraga. Saya harap ada figur lain yang mau maju dan pasti banyak Cabor akan mendukung,” tegasnya.

Berdasarkan informasi, Raji’un sudah mendapat dukungan lebih dari 30 Pengprov dan ditambah KONI Daerah yang sah. Hanya saja hadirnya putra Gubernur membuat galau para Cabor pemilik suara sebab yang akan maju adalah putra orang nomor satu di Sultra.

Raji’un Tumada yang coba dikonfirmasi haluansultra.id belum memberikan jawaban soal hal ini. Sementara salah satu sumber internal dari tim Rajiun yang enggan disebutkan namanya mengatakan, Rajiun pasti meminta restu dari Gubernur dan Wagub juga Ketua DPRD Sultra ketika ingin maju jadi Caketum KONI. “Saya kenal lama dengan pak Raji’un. Pasti selalu minta restu sebelum bergerak. Kami juga tidak tahu tiba-tiba anak Gubernur muncul jelang pencalonan,” ucap sumber tersebut. (HS)

Tinggalkan Balasan