26 Sekolah di Kendari Lulus Seleksi Tahap 1 Program Sekolah Penggerak

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari mensupport penuh setiap sekolah untuk mengikuti seleksi program sekolah penggerak.

Kepala Dinas (Kadis) Dikmudora Kota Kendari, Makmur mengatakan, saat ini sebanyak 26 sekolah jenjang TK-SMP di Kendari berhasil lulus seleksi tahap pertama program sekolah penggerak.

“Untuk sekolah penggerak di Kota Kendari untuk seleksi tahap pertama itu sudah ada 26 sekolah yang terjaring. Tapi, 26 ini masih akan mengikuti tahapan seleksi selanjutnya sementara kita tunggu,” katanya pada haluansultra.id, Jumat (3/6/2022).

Dalam menerapkan program ini di Kota Kendari, instansinya juga telah mengarahkan dan mensosialisasikan program tersebut ke seluruh sekolah yang ada. Selain itu, sekolah yang menyandang status sekolah penggerak nantinya akan mendapat pendampingan intensif selama tiga tahun ajaran, setelah itu sekolah melanjutkan upaya transformasi secara mandiri.

“Sekolah-sekolah ini nantinya akan menjadi pilot proyek, penerapan kurikulum merdeka belajar untuk jenjang TK, SD, dan SMP. Saya tidak tahu persis TK berepa, SD berapa dan SMP berapa,” tuturnya.

Lebih lanjut, Makmur mengutarakan, hal tersebut diperkirakan akan diterapkan pada awal tahun ajaran baru nanti. Setelah seluruh rangkaian proses seleksi selesai dilaksanakan. Sementara seleksi, kepala sekolah akan dilakukan wawancara dan juga ada penulisan essai. “Kalau  mereka dinyatakan lolos, maka mereka akan mendapat bantuan pemerintah pusat terkait bagaimana penyiapan sarana prasarana dan media pendukung dalam penerapan kurikulum merdeka belajar,” ucapnya.

Reporter : Erviana Hasan

Tinggalkan Balasan