TP-PKK Kendari Siap Sosialisasikan Program Pencegahan Pernikahan Anak

HALUANSULTRA.ID – Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kendari Hj. Sri Lestari Sulkarnain S.Pd, M.Si., menjadi narasumber pada kegiatan Koordinasi dan Sinkronisasi Pencegahan Pernikahan Anak Kewenangan Kabupaten/Kota Tahun 2022 yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Kendari.

Kegiatan dengan judul materi “Peran Keluarga Dalam Pencegahan Perkawinan Anak” berlangsung di Aula Media Center Rujab Wali Kota Kendari, Rabu (20/7). Dalam pemaparannya, Ketua TP PKK Kota Kendari menyebutkan, ada beberapa rencana tindak lanjut dalam pencegahan perkawinan anak diantaranya yaitu kegiatan rakor pencegahan pernikahan anak, sebaiknya didukung dengan Perda yang mengatur tentang pencegahan dan penanganan perkawinan usia anak sampai di tingkat desa.

Sri Lestari (Jilbab Coklat Tengah)

Adanya dukungan program yang sinergi pada setiap OPD yang terkait, kata Sri Lestari, seperti dukungan secara internal berupa kerjasama antara Pengadilan Agama Kota Kendari dengan Pemerintah Kota Kendari. “Serta perlu adanya ketegasan dari pihak yang berwenang (KUA setempat) dalam memberikan dispensasi perkawinan,” katanya.

Lebih lanjut, Sri menyampaikan dukungan TP PKK Kota Kendari untuk siap mengampanyekan dan mensosialisasikan sampai ke tingkat lini lapangan atau tingkat keluarga. “Sebab hal itu tidak lepas dari peran PKK yang memungkinkan bisa masuk ke rumah warga melalui kader Dasa Wisma,” tuturnya. (HS)

kader Dasa Wisma,” tuturnya. (HS)

Tinggalkan Balasan