Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gandeng Fantari Gelar Pelatihan Komputer untuk Anak Panti dan Pesisir

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Untuk menambah wawasan terkait pemenuhan hak anak. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Kendari bersama Forum Anak Kota Kendari (Fantari), mengadakan pelatihan komputer untuk anak-anak panti asuhan dan kawasan pesisir.

Ketua Forum Anak Sulawesi Tenggara (Sultra) sekaligus Kota Kendari, Berliana Shabita Mahzun mengutarakan, kegiatan ini merupakan program dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Kendari. Nah, Fantari diajak untuk bersama-sama turun ke lapangan. “Kalau jadwal itu seminggu sekali hingga bulan September mendatang. Kami merangkul anak-anak disana agar tidak membosankan bahkan terasa seperti bermain sambil belajar,” kata Berlin, Selasa (26/7/2022).

Kata dia, untuk pelatihan sudah tiga kali pertemuan dan akan berlangsung selama 12 kali. Diharapkan output semua anak memiliki keterampilan dalam mengoperasikan aplikasi Word dan Excel. Selain itu, lanjut Berlin, saat ini Fantari juga sedang menjalankan program terkait peran anak dalam pembangunan, yakni Fantari Basi (Nobar Edukasi).

“Kami mengembangkan konsep menampilkan tontonan edukasi, terkait hak-hak yang mesti diperoleh anak, serta upaya yang bisa dilakukan ketika hal tersebut tidak terpenuhi,” jelasnya.

Program Fantari Basi (Nobar Edukasi). Ini merupakan program baru Fantari yang sasarannya anak-anak yang bermukim di wilayah pesisir. “Harapannya semoga seluruh anak tanpa terkecuali memiliki pengetahuan tentang hak-hak mereka,” tutup Berlin.

Reporter : Erviana Hasan

Tinggalkan Balasan