Rangkaian HUT ke-192 Kota Kendari, RSUD Gelar Donor Darah

HALUANSULTRA.ID,KENDARI – RSUD Kota Kendari menggelar donor darah, rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-192 Kota Kendari. Pada kegiatan ini, Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, Sekretaris Daerah Ridwansyah Taridala dan sejumlah pejabat Pemkot ikut berpartisipasi. Kegiatan ini berlangsung di Private Care Medical Center atau PMCC RSUD Kota Kendari, Rabu (08/02/2023).

Asmawa mengapresiasi, Direktur RSUD Kota Kendari dan jajarannya atas inisiasi penyelenggaraan donor darah. “Tentu semua kita lakukan dalam rangka mewujudkan makna donor darah yang saya pahami itu ada tiga makna, persaudaraan, solidaritas, dan kepeduliaan.

Tadi sudah disampaikan oleh pak dokter, apasih manfaat dari donor itu baik dari sisi kesehatan maupun dari sisi sosialnya. Donor darah hari ini harapannya memberikan bantuan kepada yang membutuhkan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala RSUD Kota Kendari dr. Sukirman mengatakan, di momentum peringatan HUT ke-192 Kota Kendari, RSUD Kota Kendari berkomitmen untuk menyelenggarakan donor darah yang bakal berlangsung setiap tiga bulan sekali.

“Harapannya ini menjadi budaya, mulai hari ini setiap tiga bulan ke depan kita akan melaksanakan donor darah di RSUD kota. Karena kita tau bersama, kalau sakit membutuhkan darah dan Kota ini masih sering kekurangan stok darah,” ungkapnya.

Kepala RSUD Kota Kendari mengungkapkan, donor darah bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya tentang deteksi dini, terkait penyakit yang serius. Ia mengatakan dengan melakukan donor darah, penyakit Hepatitis dapat diketahui.

“Jadi manfaat pertama itu deteksi dini kita punya penyakit, malaria dan lain sebagainya,” jelasnya. Selain deteksi dini, manfaat lain donor darah adalah mengurangi resiko penyakit jantung koroner, dengan mengikuti donor darah secara rutin hal ini telah didukung dengan pembuktian.

Dan manfaat lainnya adalah mengurangi berat badan, “jadi ibu-ibu yang suka diet tolong donor darah secara rutin, Insya Allah berat badannya turun Pak. Karena setiap mengeluarkan 250 ml darah itu mengeluarkan 650 kalori,” pungkasnya. (HS)

Tinggalkan Balasan