Pemkot Kendari Ikuti Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

HALUANSULTRA.ID,KENDARI – Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ini secara resmi dibuka oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu. Kegiatan ini berlangsung, di Ruang Pola, Kantor Balai Kota, Kendari, Jumat (10/02/2023).

Ia mengatakan, empat pilar kebangsaan bermakna persatuan merupakan aset terbesar dalam upaya dan ikhtiar bersama dalam menjaga bangsa dan negara. “Empat pilar kebangsaan selain dapat menanamkan nilai-nilai kebangsaan, juga dapat meningkatkan kesadaran dalam berbangsa dan bernegara.

Kegiatan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan serta memperkuat integrasi bangsa dalam wadah kesatuan negara Republik Indonesia,” paparnya.

Menurutnya, sosialisasi ini sangat penting untuk dipahami dan dimengerti secara benar, oleh seluruh warga negara Republik Indonesia pada umumnya, bagi ASN khususnya, sebagai ujung tombak menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada masyarakat.

Memiliki fondasi yang dikenal dengan istilah empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhineka Tunggal Ika, menurutnya ke empat pilar tersebut harus dipahami dan menjadi komitmen kebangsaan yang harus terus ditingkatkan.

“Empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, negara kita dan Bhineka Tunggal Ika harus dipahami dan dilaksanakan secara konsisten dan menjadi panduan dalam ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur sejahtera dan bermartabat,” jelasnya.

Dirinya juga mengimbau, memasuki tahun-tahun politik ini, terdapat beberapa potensi yang dapat mengikis kebersamaan akibat perbedaan pilihan, untuk itu dirinya meminta masyarakat, pemuda, dan TNI/Polri untuk bersama menjaga kondusivitas Kota Kendari.

Sebab, dengan situasi yang kondusif program pembangunan yang telah dicanangkan Pemkot Kendari, dapat berjalan tanpa hambatan.

“Saya mengajak kita semua untuk menyatukan tekad dan langkah dalam membangun Kota Kendari lebih baik dalam kerangka NKRI karena kita bersatu, kita teguh, bercerai pasti akan runtuh,” pungkasnya. Turut hadir dalam sosialisasi tersebut, Anggota MPR/DPR RI utusan Sulawesi Tenggara (Sultra), Ir. Hugua, Sekretaris Daerah Kota Kendari Ridwansyah Taridala, Kepala OPD, Camat beserta Lurah. (HS)

Tinggalkan Balasan