Pemkot Kendari Kerja Bakti Bersihkan Kali Kadia

HALUANSULTRA.ID,KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari kembali bergerak melakukan pembersihan di beberapa area di Kendari. Salah satunya yaitu kawasan Kali Kadia, yang berada di sekitaran Antero Hamra dan melingkar di Kol. Abd. Hamid, Jumat (24/02/2023).

Namun ada saja masyarakat yang pernah didapati membuang sampah, tidak pada tempatnya akibat kurangnya kesadaran. Kepala UPTD Tenda Agribisnis, Sumiati Asahi menyayangkan, akibat masih ada sebagian masyarakat yang membuang sampahnya di Kali Kadia, terlebih usai dibenahi beberapa waktu lalu.

Ia merasa, bahwa kesadaran masyarakat ini masih sangat kurang, bahkan pihaknya sering mendapati masyarakat membuang sampah di lokasi ini, sehingga harus dinasehati. “Penataan kali kadia ini sudah bagus hanya ini saya lihat sepertinya pemilik-pemilik lapak ini, agak kurang menyadari kebersihan.

Karena setiap kali kami pergi menagih, kami disini kan menagih retribusi, selalu kami sampaikan tentang kebersihan tolong dijaga,” jelasnya. Sementara itu, Kepala UPTD Translulo Budiman Jaya mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin Pemkot untuk menjaga kebersihan di Kendari, harapannya menjadi Kota yang makin layak huni.

Dari pantauan dapat dilihat banyak sampah plastik yang diangkut dari kali. “Pembersihan ini juga diharapkan dapat menjadikan Kota layak huni, bebas dari banjir dan sampah. Dinas perhubungan Kendari mengerahkan, seluruh ASN maupun kontrak untuk setiap pembersihan, namun untuk lokasinya berbeda,” paparnya. (HS)

Tinggalkan Balasan