Pemkot Kendari Sosialisasi Kebijakan Percepatan Penurunan Stunting

HALUANSULTRA.ID,KENDARI – Sekda Kota Kendari Ridwansyah Taridala, secara resmi membuka sosialisasi Kebijakan Pemerintah Kota Dalam Percepatan Penurunan Stunting di Kendari. Kegiatan ini, digelar oleh DWP Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kendari, di salah satu hotel di Kendari, Selasa (28/02/2023).

Ridwansyah Taridala mengatakan, kebijakan penanganan stunting di Pemkot Kendari, sudah dilakukan oleh 15 OPD terkait. “Dari 15 OPD sudah diberi tanggung jawab, untuk melakukan penurunan stunting yang ada di Kendari. Ada upaya sistemik yang harus kita lakukan segera,” katanya.

Ia juga mengungkapkan, dalam pencegahan stunting peran DWP Kendari penting, kiat-kiat yang diperlukan dalam menyiapkan anak-anak kita, agar melahirkan generasi-generasi yang unggul.

“Tidak sekedar itu juga, mulai dari kesadaran diri sendiri untuk menjaga lingkungan itu harus bersih, disitulah peran ibu DWP kelurahan dan kecamatan, kalau kesadaran itu lemah, tidak ada gunanya maka kita tidak bisa jadi motivator, kalau diri kita sendiri yang belum kita terapkan,” ujarnya.

Mantan Kepala Bappeda Kota Kendari ini menjelaskan, sekarang kita harus fokusnya ke 1000 hari kehidupan pertama dan ibu DWP Kendari, bertanggung jawab untuk menciptakan budaya hidup sehat.

“Dalam budaya hidup sehat itu paling tidak sebelum keluar rumah wajib sarapan pagi dan di atur pola makannya, tetapi dalam budaya sekarang ini sudah banyak berubah beda dengan yang dulu, sehingga tanggung jawab kita semua untuk memberi kesadaran, mulai dari dewasa sampai beranjak berumahtangga,” tutupnya. Kegiatan ini diikuti peserta dari DWP kelurahan, kecamatan dan perwakilan DWP OPD. (HS)

Tinggalkan Balasan