Kadispora Sultra Apresiasi Dayung Sumbang Emas dan Perak di Kejurnas PPLP Riau 2023

HALUANSULTRA.ID – Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), mengapresiasi empat atlet dayung yang berhasil menyumbangkan medali emas di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) antar-Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Riau 2023. Medali terbaik tersebut dipersembahkan oleh Zahwa, Linda Trisnawati, Nur Aulia dan Dewi Satriani di nomor rowing 2000 meter kelas 4 croos putri.

Kadispora Sultra, H. Trio Prasetio Prahasto, langsung menyampaikan rasa bangga atas prestasi yang diraih atlet PPLP. Apalagi mereka baru pertama kali mengikuti Kejurnas PPLP dan langsung mendapat medali emas. “Atas nama pemerintah tentu sangat mengapresiasi. Tidak mudah untuk meraih emas. Nah anak-anak PPLP kita membuktikan bisa mengharumkan nama daerah. Ini membuktikan bahwa pembinaan olah raga di PPLP khususnya Dayung menunjukan hasil positif dan sangat dibutuhkan sebagai bentuk pembinaan olahraga usia dini,” beber Trio, Sabtu, 8 Juli 2023.

Kadis mengatakan, apa yang telah dicapai harus terus dipertahankan. Ia pun meminta para peraih medali tidak berpuas diri. Namun jadikan semangat agar bisa menembus ajang nasional lain bahkan internasional. “Daerah kita ini kan dari dulu selalu berprestasi di Cabor dayung. Semoga atlet-atlet muda terus bermunculan agar ada regenerasi,” jelasnya.

Sementara itu, Pelatih dayung PPLP Sultra Ali Darta Lakiki mengaku, keempat atletnya itu berhasil meraih mengharumkan nama Sultra di ajang kejuaraan antar-PPLP merupakan buah dari latihan ekstra.
“Ini sangat luar biasa. Alhamdulillah, kita bisa membawa salah satu medali emas. Terimakasih atas dukungan semua pihak,” kata Ali Darta dalam keterangannya.

Empat pedayung muda Sultra Zahwa, Linda Trisnawati, Nur Aulia dan Dewi Satriani meriah emas di nomor rowing 2000 meter kelas 4 croos putri.

Meski meraih medali emas di ajang tersebut, Ali mengingatkan anak asuhnya untuk tidak jemawa. Ia menekankan agar mereka terus berlatih untuk bisa meraih prestasi yang lebih tinggi baik di level pelajar maupun di level senior. “Kita akan persiapan lagi Popnas di Palembang pada September nanti. Jadi, kepada semua atlet kami harus lebih maksimal berlatih,” imbuhnya.

Selain meraih medali emas, atlet PPLP Sultra juga turut membawa pulang satu medali perak di nomor rowing 2000 meter, kelas 2 min putri atas nama Zahwa dan Nur Aulia. Kemudian, satu medali perunggu di nomor Canoe dua putri jarak 1000 meter atas nama Cantika dan Nurlinda. Untuk diketahui, Linda Trisnawati dan Dewi Satriani merupakan atlet PPLP Sultra asal Kabupaten Muna Barat yang barusan bergabung tiga bulan lalu. Sebelum di PPLP, Linda yang beralamat di Desa Lawada Jaya dan Dewi beralamat di Desa Lakalamba Kecamatan Sawerigadi, menempuh pendidikan di SMPN Satap 1 Sawerigadi.

Ali Darta yang juga tim pencari bakat atlet PPLP Sultra mendapatkan informasi dari La Ode Pandi Sartiman, salah satu guru di sekolah tersebut bahwa Linda dan Dewi memiliki postur tinggi di atas 170 cm. Lewat komunikasi inilah, Ali Darta mengajak Linda dan Dewi untuk bergabung di PPLP Sultra. (HS)

Tinggalkan Balasan