Pj Wali Kota Kendari : Pembenahan TPA Puuwatu Fokus Perbaikan Kolam Lindi

HALUANSULTRA.ID – Penjabat Wali Kota Kendari bersama sejumlah kepala OPD terkait, Selasa (8/8/2023) meninjau pembenahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Puuwatu yang sedang dilakukan. Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu menjelaskan, pembenahan TPA Puuwatu difokuskan pada perbaikan kolam lindi agar limbah lindi aman jika dibuang di lingkungan. “Penanganan kolam lindi yang nanti kita harapkan hasil dari proses di kolam lindi tidak membahayakan bagi kehidupan atau di daerah aliran sungai yang dialiri nanti,” ungkapnya.

Lindi adalah cairan yang merembes dari tumpukan sampah, merupakan hasil dari proses pelarutan dan pembusukan materi yang bisa larut oleh aktivitas mikroba setelah ia terkena air, termasuk air hujan, yang masuk ke dalam tumpukan sampah itu. Selain itu kata Asmawa, juga dilakukan pembenahan instalasi gas metan hasil pengolahan sampah di TPA, agar bisa kembali dimanfaatkan warga yang tinggal di perumahan petugas kebersihan di sekitar TPA. Serta penataan taman dalam kawasan TPA menjadi ruang terbuka hijau (RTH).

Terkait perumahan warga yang masih berkonstruksi semi permanen, Pemerintah Kota Kendari lanjut Asmawa, sudah berkoordinasi dengan Balai Wilayah Perumahan agar mereka bisa melakukan intervensi terhadap perumahan di TPA Puuwatu. Sebelumnya, pada rapat persiapan penilaian adipura, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) sebelumnya Nismawati, melaporkan sejumlah pembenahan yang sedang mereka lakukan di TPA Puuwatu untuk meningkatkan bobot nilai TPA. Sebab TPA merupakan salah satu lokasi yang bisa mendongkrak poin penilaian Adipura. (HS)

Tinggalkan Balasan