Dukcapil Kota Kendari Jalankan Program Sapa Masyarakat di Kecamatan

HALUANSULTRA.ID- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Kendari, menjalankan program Dukcapil menyapa warga di kecamatan untuk melakukan perekaman KTP elektronik dan pembuatan akta kematian. Hari Kamis (7/12/2023) Dukcapil menyapa masyarakat Kecamatan Puuwatu.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Kendari Iswanto menjelaskan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan KPU Kota Kendari kepada Pj Wali Kota Kendari tentang perbaikan data warga Kota Kendari jelang pemilu 2024. Berdasarkan data dari KPU Kota Kendari, masih terdapat 3920 warga Kota Kendari yang telah meninggal dunia namun NIK nya masih aktif karena belum dibuatkan akta kematian.

“Bulan Agustus, KPU menemui pak wali terkait data warga Kota Kendari yang akan mengikuti pemilu. Setelah kami dapat data 3920 warga telah meninggal dunia, kemudian kami verifikasi dan turun lapangan kami temukan 564 jiwa,” ungkapnya. Kemudian Bulan Desember ini, Dukcapil kembali melakukan verifikasi terhadap 3356 jiwa warga yang telah meninggal dunia, untuk dibuatkan akta kematian.

Akta kematian ini dibutuhkan untuk menonaktifkan NIK warga tersebut, sebab masih terdapat warga sudah meninggal namun bantuan sosialnya masih terus berjalan. Dan tidak disalahgunakan saat pemilu. Selain akta kematian, Dukcapil juga melakukan perekaman KTP el bagi warga Kota Kendari yang berusia 17 tahun. Seperti di Kecamatan Puuwatu, dari 27.967 jiwa wajib KTP masih terdapat sebanyak 490 jiwa yang belum merekam.

“Data 490 warga berusia 17 tahun itu kami sudah cetak dan menyerahkan ke kecamatan-kecamatan dan kelurahan-kelurahan, kemudian kelurahan meminta RT/RW memanggil warganya untuk melakukan perekaman. Karena data yang kami berikan by name by address,” kata Iswanto.

Layanan yang diberikan Dukcapil termasuk pembuatan akta kelahiran serta pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA). Rencananya kegiatan ini akan berlangsung hingga tanggal 13 Desember 2023. Proses pelayanan berjalan sejak pagi hingga sore hari. Untuk diketahui Dukcapil sudah mengunjungi 6 kecamatan yakni, Kecamatan Nambo, Poasia, Wua-wua, Kendari Barat, Kendari dan Kecamatan Puuwatu. (HS)

Tinggalkan Balasan