Sekda Kota Kendari Buka Pelatihan Pramuka Peduli Penanggulangan Bencana dan Tanggap Darurat

HALUANSULTRA.ID – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari, Ridwasnyah Taridala membuka pelatihan pramuka peduli penanggulangan bencana dan tanggap darurat tingkat Kota Kendari. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Teporombua Balai Kota Kendari, Sabtu (9/12/2023). Pembukaan pelatihan penangulangan kebencanaan dan tanggap darurat ini ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Sekda Kota Kendari Ridwansyah Taridala.

Sekda Kota Kendari, Ridwasnyah Taridala dalam sambutannya menyebut, dalam melaksanakan penanggulangan bencana dibutuhkan penguatan karakter dan penguatan karakter ini terencana dalam gerakan pramuka. Selain itu, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka tingkat Kota Kendari ini juga menceritakan mengenai peran gerakan pramuka dalam menanggapi bencana di Kota Kendari. Ketua Kwarcab menyebut menyaksikan aksi gerakan pramuka dalam membantu menangani bencana longsor yang pernah terjadi di Kota Kendari.

Lanjutnya, dengan sigap anggota gerakan pramuka mampu berkolaborasi dengan aparat setempat sehingga membantu mempercepat proses penanggulangan kebencanaan. “Kemarin bencana longsor adek-adek pramuka sigap di lapangan, berkolaborasi dengan TNI/Polri, kalau mereka seperti Dinas Sosial mereka memang dilatih, tapi yang membanggakan kita yang berseragam pramuka bisa tampil bersama mereka untuk membantu saudara-saudara kita,” ujarnya. (HS)

Tinggalkan Balasan