Kadis Koperasi dan UMKM Sultra Tekankan Pentingnya Kedisiplinan Pegawai dan Pelayanan Publik

HALUANSULTRA.ID – Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Dr. La Ode Muhamad Shalihin, S.Pd, M.Pd menekankan kepada seluruh pegawai agar tetap disiplin dalam menjalankan tugas pada tahun 2024. Selain itu, perlu konsistensi dalam perencanaan dan pelaksanaan program serta kegiatan di setiap bidang masing-masing. “Kita harus terus memberikan kinerja terbaik yang berorientasi pada pelayanan kepada masyarakat,” ujar Kadis saat ditemui wartawan HALUANSULTRA.ID, di ruang kerjannya, Kamis, 22 Februari 2024.

Shalihin menyikapi pentingnya disiplin dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Ia menegaskan bahwa disiplin adalah pondasi utama dalam menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan produktif. Hal ini juga sesuai dengan arahan Pj Gubernur Sultra, yang menginginkan seluruh pegawai untuk saling bekerja sama, saling mendukung, dan bersama-sama melewati berbagai tantangan di tahun 2024 demi mewujudkan Pemprov Sultra yang semakin BerAKHLAK. “Resolusi kerja 2024, kita mendorong teman-teman bekerja disiplin dan ikhlas. Penting membangun kebersamaan dan kedisiplinan agar bisa mencapai target positif tahun ini,” ucapnya.

Kadis juga mengungkapkan jajaran pegawai lingkup Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kini telah menerapkan kegiatan jumat bersih, jumat sehat dan jumat taqwa. Untuk jumat bersih, melakukan aksi kebersihan disekitar kantor dengan melibatkan karyawan dan karyawati staf serta darma wanita. Kemudian, melaksanakan jumat sehat yaitu olahraga bersama.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Dr. La Ode Muhamad Shalihin, S.Pd, M.Pd

“Tidak kalah penting kita juga ada jumat taqwa, nah disini ceramah agama juga yasinan. Semua ini untuk mendorong semangat kerja dengan cara pola pendekatan sosial kemasyarakatan, dan ini sesuai yang dijabarkan bapak Pj Gubenrur Sultra. Kinerja pegawai semakin berakhlak bekerja ikhlas bertanggungjawab dan akutanbel,” katanya.

Untuk itu, Shalihin mengajak seluruh ASN lingkup Dinas Koperasi dan UMKM untuk bersama mewujudkan Pemprov Sultra yang semakin BerAKHLAK sebagaimana resolusi tahun 2024 yang sudah ditetapkan Pemprov Sultra. Tetap fokus pada tujuan organisasi, tetapi adaptif dan fleksibel dalam menghadapi dinamika perubahan.

Proses kinerja tambah dia, harus berorientasi pelayanan. Pegawai diharapkan melayani kebutuhan masyarakat dengan kedepankan sifat yang ramah, cekatan, solutif, dan dapat diandalkan. Misalnya, dalam penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk masyarakat di Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Sultra. “Jadi berikan pendampingan terbaik kepada warga. Begitu pun kepada pelaku UMKM dan koperasi yang ada di daerah kita,” jelasnya.

Kemudian akuntabel, lanjut Kadis, laksanakan tugas dengan jujur dan bertanggung jawab, cermat, disiplin, dan berintegritas. Ia juga meminta pegawai meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah. “Jadi kita harus update setiap perkembangan terkini. Kita juga tidak boleh tertinggal apalagi sekrang ini kita telah memasuki era digital,” tutupnya. (HS)

Tinggalkan Balasan