Sekda Kota Kendari Ingatkan Tanggungjawab Guru

HALUANSULTRA.ID – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari, Ridwansyah Taridala, mengatakan, guru memiliki tanggungjawab terhadap seluruh anak didik di sekolah. Guru harus mengajari anak pelajaran-pelajaran yang belum mereka kuasai, memberi tahu hal-hal yang belum mereka pahami, dan berbagai bentuk bimbingan lainnya. Mengawal, menemani, dan mendidik, semua adalah tanggung jawab status seorang guru.

“Beberapa waktu yang lalu kita diperhadapkan dengan sebuah kenyataan yang sangat mengagetkan terjadi pada anak-anak kita, dan ini berkaitan dengan profesi guru sebagai sosok yang diguguh dan ditiru,” ujarnya saat menghadiri acara buka puasa yang diselenggarakan Keluarga Besar Persatuan Guru Repbulik Indonesia (PGRI) Kota Kendari di salah satu hotel di Kota Kendari, Jumat (29/3/2024).

Selain itu, Sekda Kota Kendari mengatakan, sebagai orang yang beriman harus bisa mengeduksi emosi jiwa kita masing-masing. “Kita harus menyadari bahwa itu bagian dari tanggung jawab kita, jangan sampai anak-anak kita ini adalah efek dari sibuknya aktivitas kita masing-masing, jangan kita sibuk mencari pengakuan kita terhadap orang lain, sementara tanggung jawab sendiri kita abaikan,” pungkasnya.

Dalam moment buka puasa tersebut, Sekda juga menyampaikan, momen buka puasa bersama ini jangan dijadikan hanya sekedar sebagai kegiatan makan-makan bersama saja. Menurutnya, di bulan yang penuh berkah ini, umumnya umat muslim memanfaatkan momen ini untuk saling berbagi dan mempererat tali silaturahmi kepada sesama. “Marilah kita jadikan momen ini sebagai salah satu bentuk kegiatan ibadah yang dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan yang pada akhirnya dapat menjadi sebuah kompensasi berupa pahala yang nantinya kita dapatkan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PGRI Kota Kendari Makmur mengungkapkan, kegiatan Buka Puasa Bersama ini adalah salah satu program PGRI di tahun 2024 ini.
“Saya mewakili panitia mengucapkan terima kasih banyak kepada teman-teman atas antusisnya dalam kegiatan buka puasa bersama ini, sebenarnya ini dalam arti bukan hanya makan bersama saja melainkan bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan PGRI Kota Kendari,” ujarnya.

Untuk diketahui, PGRI Kota Kendari juga menyerahkan bantuan sembako kepada Guru yang menjadi korban banjir beberapa waktu yang lalu. Selanjutnya, kegiatan diakhiri dengan Shalat Maghrib berjamaah dan makan malam bersama. (MR)

Tinggalkan Balasan