Kunker di Konkep, Kadikbud Sultra Resmikan Gedung Baru SMAN 2 Wawonii Tenggara

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sultra, Asrun Lio, instens melakukan monitoring dan evaluasi melalui kunjungan kerja (kunker) ke daerah. Kali ini dilakukan di wilayah Kabupaten Konawe Kepulauan.

Selain berkunjung ke SMAN 1 Wawonii dan SMAN 1 Wawonii Timur, agenda kunker tersebut juga Kadis meresmikan beberapa gedung baru milik SMAN 2 Wawonii Tenggara. Asrun Lio didampingi Ketua Komisi I DPRD Provinsi Sultra, Rifqi Saifullah Razak ST.

Kadikbud Sultra, Asrun Lio mengatakan, untuk pembangunan gedung baru SMAN 2 Wawonii Tenggara menggunakan Dana APBD 2021, terdiri dari ruang kelas baru, ruang guru, tata usaha dan toilet.

Bahkan kedepannya, karena melihat lahan sekolah masih cukup luas, akan di bangun Laboratorium Fisika, Laboratorium Kimia, Laboratorium Biologi, Ruang UKS, termasuk pagar sekolah.

Dikbud berharap agar gedung ini bisa dimanfaatkan, dijaga, dan dipelihara dengan baik oleh seluruh warga sekolah, ” Sebab pemerintah masih memiliki banyak pekerjaan rumah untuk pembenahan maupun pembangunan baru bagi sekolah-sekolah SMA, SMK, maupun sekolah luar biasa lainnya dibawah naungan Dikbud Sultra,” tutur orang nomor satu di jajaran Dikbud Sultra itu.

Akademisi asal Moronene Bombana ini mengakui, untuk memajukan kualitas pendidikan di Sultra maka tidak hanya cukup dengan penambahan tenaga pendidik semata ataupun pemberian insentif serta memeratakan penyebarannya, namun juga dari segi penyediaan sarana prasara sekolah yang memadai.

Olehnya, lanjut pria lulusan S3 The Australian National University (ANU) Canberra ini, melalui salah satu visi misi Gubernur Sultra yakni Sultra Cerdas maka Dikbud Sultra memiliki peran untuk ambil andil dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui penyelenggaraan pendidikan yang bermutu, berkualitas, dan tanpa diskriminasi, diantaranya secara bertahap melakukan pembangunan terhadap ruang-ruang kelas baru dengan berbagai penunjang lainnya, baik yang ada di daratan maupun kepulauan.

Kata Asrun, Pemerintah Provinsi melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaannya terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di Sultra, mulai dari peningkatan sarana prasarana. “Pembenahan sistem pelayanan melalui Proper Perau Gadik, hingga pemberian motivasi secara langsung kepada para tenaga pendidik maupun siswa hingga ke daerah-daerah,” ucap Mantan Kepala Sekretariat Rektor UHO ini.

Dalam kunjungan itu juga, Kadis Dikbud Provinsi Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD secara langsung melakukan tatap muka bersama para dewan guru baik PNS maupun guru tetap Non PNS dan siswa, guna memberikan motivasi dalam peningkatan penyelenggaran pendidikan di satuan pendidikan masing-masing.

Termasuk kepada para siswa untuk bersemangat dan berlomba-lomba meraih sumber-sumber beasiswa yang tersedia diantaranya beasiswa Sampoerna, tentunya melalui motivasi belajar tinggi serta kemauan kuat untuk maju,” tutupnya.

Reporter : Rahmat R.

Tinggalkan Balasan