Hadapi PON 2024, KONI Sultra Minta Anggaran Ratusan Miliar

HALUANSULTRA.ID – Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara, Asrun Lio, membeberkan proposal anggaran KONI Provinsi telah dimasukan ke Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Diskepora) dan telah diserahkan ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD) Pemprov. Induk olahraga tersebut mengusulkan anggaran ratusan miliar pada tahun 2024, untuk anggaran rutin dan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumatera Utara (Sumut). “Usulannya itu ratusan miliar ya. Nanti kita sesuaikan dengan anggaran daerah,” kata Sekda, kepada haluansultra.id.

Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD) Sultra ini mengatakan, untuk laga PON Pemprov tentu akan melihat cabor apa saja yang akan diikutkan. Pemprov akan menyesuaikan anggaran sehingga nanti bisa sukses. Pemprov juga akan realistis mengalokasikan anggaran dan tentu sesuai kebutuhan. “Masih sementara dalam review, Inspektorat juga melakukan kajian. Pastinya harus sesuai kemampuan daerah ya,” terangnya.

Sementara berdasarkan data yang diterima wartawan HALUANSULTRA.ID, untuk tahun 2024 KONI Provinsi Sultra meminta dana mencapai 105 Miliar. Anggaran tersebut akan diperuntukan untuk menyukseskan perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI. Jumlah ini melonjak berkali-kali lipat dari anggaran kegiatan beberapa PON sebelumnya.

Sekretaris KONI Sultra, Elvis Basri Uno mengatakan, kebutuhan anggaran ini melonjak drastis dari PON sebelumnya disebabkan banyak cabor yang lolos PON. Selain itu, pertandingan akan berlangsung di dua provinsi. “Kalau yang lolos PON itu sekarang mencapai 27 Cabor. Kemudian pertandingan berlangsung dua daerah yaitu Aceh dan Sumut. Pasti transportasi akan membengkak. Dan kami sudah mengusulkan anggarannya,” terang Elvis.

Selain itu, lanjut Elvis, KONI Provinsi juga mengagendakan pelaksanaaan pemusatan latihan untuk seluruh cabor yang lolos mulai pada Maret 2023. Hal ini dilakukan agar persiapan atlet yang akan berlaga lebih matang seperti daerah lainnya. “Rencana TC itu Maret hingga sebelum pelaksaan PON yang direncanakan 9 September 2024. Itu pun kalau tidak molor atau tertunda,” tutup Elvis. (Iman/HS)

Tinggalkan Balasan